Jenis Panel Dinding Berdasarkan Bahan & Finishing

Jenis Panel dinding – Salah satu elemen dekoratif yang bisa menampilkan dinding menjadi lebih cantik, dan rapih, yaitu penggunaan panel dinding. Panel dinding, mampu menghadrikan dinding dengan latar belakang yang lebih dekoratif.

Tentunya elemen penutup dinding ini, tersedia dengan banyak variasi model dan warna, yang terbuat dari beragam bahan dengan kualitasnya tersendiri, sehingga dinding akan terlihat lebih menarik.

Saat ini terdapat banyak jenis panel dinding yang tersedia dengan berbagai bahan serat berkualitas, bahkan ada yang kuat terhadap air, dan api. Pastinya, untuk menemukan jenis terbaik, kamu perlu mengenal beberapa diantaranya, dari jenis dan finishing akhirnya.

Nah, sebelum memilih panel dinding terbaik, pastikan kamu mengenal jenis, sistem, serta kelebihan dan kekurangannya dibawah ini :

Jenis Panel Dinding Menurut Bahannya

Berikut dibawah ini ada beberapa jenis panel dinding berdasarkan permukaan dan kualitasnya, seperti :

1. Panel Kayu Alami

Salah satu jenis yang memiliki tampilan menarik, dengan tekstur dan warna alami, yakni jenis panel kayu alami. Dimana, panel dinding ini banyak disukai.

Selain ketahananya yang bagus, panel kayu mampu di kombinasikan dengan beragam material, terlebih ada banyak ide pemasangan dengan bentuk dan ide yang cantik, tanpa menghilangkan tampilan yang natural.

2. Panel MDF

Selanjutnya, ada panel MDF atau Medium density fiberboard, dimana tipe panel ini terdiri dari lembaran papan yang dilapisi dengan lapisan melamin, sehingga memiliki tampilan yang mengkilap atau ada juga yang doof.

karena memiliki bentuk lembaran, panel dinding ini kerap dikreasikan dengan tambahan lampu, atau ukiran yang cantik. Terlebih, bobot tipe panel ini terbilang ringan, sehingga mudah untuk dipasang pada dinding. Panel mdfpun, bisa digunakan disetiap ruangan, bahkan dapur sekalipun.

3. Panel PVC

Selain digunakan sebagai penutup atap atau biasa dikenal dengan plafon, material PVCpun kerap menjadi unggulan untuk kebutuhan dinding lho, bahkan panel dinding pvc tersedia dalam bentuk 3D, sehingga banyak digunakan diberagam ruangan, salah satunya kamar tidur.

4. Panel Dinding Akustik

Selain memperindah dinding, jenis panel akustik berfungsi sebagai peredam suara, bahkan tipe ini dapat membantu untuk mengontrol tingkat kebisingan disuatu ruangan.

Karena ini, panel ini diberi nama akustik. Jenis ini, biasa digunakan pada ruangan yang membutuhkan fitur soundproof atau kedap suara, seperti home theater hingga studio musik.

5. Panel Upholstered

Memiliki bentuk seperti gumpalan bantal, jenis Panel Upholstered banyak disukai untuk diaplikasikan pada ruang tidur, sebab ketebalan dari panel ini, memberikan kehangatan yang baik, sehingga cocok untuk ruang istirahat. Bentuknya yang bervarasipun bisa di bentuk menyesuaikan ide dan dekoratif kamu sendiri.

6. Panel Kaca

Selain berfungsi sebagai elemen dekorasi dinding, panel kaca juga dapat menciptakan kesan lapang dan cerah pada ruangan, terlebih jika kaca yang digunakan berupa cermin.

Hal tersebut tentunya karena sifat cermin yang bisa memantulkan cahaya, serta mampu merefelksikan bayang dihadapannya. Alih alih menggunakan wallpaper yang mudah robek dan berjamur, jenis panel kaca justru lebih tahan lama dan mudah untuk dirawat.

Baca Juga : Harga Wall panel dan Bahan Terbaik untuk Hunian 2023

Jenis Wall Panel Berdasarkan Finishing

Namun, ada juga jenis panel yang telah diproduksi dengan finishing yang dibentuk hingga memiliki banyak manfaat, antara lain :

1. Panel Dinding Utilitas

Panel dinding utilitas, merupakan panel yang berfungsi untuk menggantung atau meemegang suatu benda, biasanya, panel ini terdapat banyak lubang yang memiliki barisan kecil, untuk digunakan sebagai penahan paku atau pasak yang akan di tempel.

Mungkin, sebagian dari kamu kerap melihat panel ini dibeberapa toko aksesories, yang terpajang didepan kasir. Panel utilitas, kerap menggunakan bahan kayu yang memiliki tekstur cantik dan mudah untuk dibentuk, tentunya kualitasnya kuat.

2. Panel Dinding Shiplap

Memiliki bentuk seperti lambersering, Panel Dinding Shiplap merupakan dekorasi rumah ruang tamu yang paling banyak digemari lho. Salah satu fungsi utama dari Panel Dinding Shiplap yakni memberikan efek visual yang menarik.

BPerbandingan Wallpaper dan lambersering, Mana Dekorasi dinding Terbaik?

Tampilan dindingnyapun memiliki efek garis-garis horizontal dan vertikal, panel inipun kerap digunakan sebagai pemisah ruangan yang membawa kesan rustik dan alami. Kelebihan dari tipe panel ini yakni ketahanannya terhadap rayap, dan air dan mudahnya proses finishing.

Panel Dinding Beadboard

Panel Dinding Beadboard merupakan teknik dekorasi dinding dengan membagi dinding menjadi dua bagian, dimana keduanya sama tetap menyambung. dinding beardboard biasanya diapliasikan dengan bahan kayu, grc atau plastik. Seni panel dinding ini, lebih dikenal luas dengan nama wainscoting.

Panel Dinding Wainscot

Hampir mirip dengan dinding beraboard, panel wainscot lebih terksan mewah dan elegant, bagaimana tidak, panel ini kerap terlihat dibeberapa dinding rumah artis diindonesia.

Jika beadboard dibuat dengan 2 bagian yang berbeda, wainscot dibuat dengan 1 ukuran, namun terdapat celah seperti frame yang berjajar, sehingga terlihat seperti jajaran lukisan yang cantik.

Jadi, Tertarik menggunakan panel dinding?

Scroll to Top