Deretan Kayu Termahal, ternyata Kualitasnya Seperti ini!

Kayu Termahal – Setiap kayu memiliki kualitas, dan spesifikasinya tersendiri, sehingga harga yang ditawarkanpun terbilang bervariasi. Ada yang murah, tentunya ada yang mahal.

Sudah bukan rahasia lagi, jika material satu ini menjadi komoditas ekport dengan pangsa yang tidak pernah hilang. Kebutuhan atas kayu-kayu terbaikpun selalu ada dalam setiap negerinya.

Material kayupun terdapat berbagai jenis yang memiliki kualitas, dan sepsifikasi dengan nomial yang fantastis. Harga tersebut kerap dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti tingkat awet, warna, tekstur, fungsi, hingga jumlah yang tersedia.

Bahkan, beberapa jenis kayu-pun dibanderol dengan harga hingga Rp 6 hingga 11 juta per meter kubiknya. Tidak hanya satu jenis kayu saja, melainkan ada beberapa jenis kayu dengan harga yang terbilang mahal. Kira-kira ada jenis apa saja? Kenali berikut jenis kayu termahal, diantaranya :

Jenis dan kualitas Kayu Termahal

1. Kayu Gaharu

Salah satu jenis kayu termahal yang bisa ditemukan di Indonesia yaitu Kayu gaharu. Gaharu atau dikenal dengan agarwood ini, merupakan pohon yang berasal dari aquilaria, dimana pohon ini memiliki ciri khas dari aromanya yang harum.

Aroma tersebut kerap dimanfaatkan untuk diambil resinnya, yang dimana bahan baku tersebut untuk pembuatan parfum. Tak hanya digunakan untuk kebutuhan parfum saja, kayu gaharupun kerap dimanfaatkan sebagai obat, bahan pengawet, hingga digunakan dalam upacara keagaamaan

Baca Juga : 8 Jenis Kayu Kusen yang di Rekomendasikan untuk Pintu dan Jendela

Ciri khas gaharu, terletak pada warnan ya yang berwarna kecoklatan hingga hitam pekat, batang pohonnyapun terbilang tebal, serta memiliki aroma yang khas.

Kayu gaharu dengan kualitas baik, dibanderol dari harga Rp 53 juta per kilogram, hingga 133 juta perkilogram dipasar internasional, jenis inilah yang masuk kedalam kayu termahal pertama yang bisa kamu ketahui.

2. Kayu Ebony

Jenis berikutnya bukan kayu jati, melainkan kayu eboni. Eboni sendiri merupakan salah satu kayu yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat musik, alat musik tersebut diantaranya, seperti gitar, biola, hingga piano.

Baca Juga : Ketahui Jenis Kayu Kelas I dan Keuntungan Menggunakannya

Selain bisa tumbuh mencapai 40 meter, kayu inipun bisa tenggelam didalam ari, hal ini dikarenakan kayu eboni memiliki kepadatan yang tinggi.

Kayu Ebonipun terkenal dengan durabilitas yang panjang, bahkan jika dirawat dengan baik, kayu eboni bisa kuat hingga ratusan tahun. Keunggulan inilah yang membuat kayu satu ini, termasuk kayu termahal, diman kayu ini dihargai sebesar Rp 7 juta permeter kubiknya.

3. Kayu Purle Heart

Jenis Berikutnya merupaka kayu yang berasal dari Amerika tengah dan amerika selatan. Kayu Termahal berikutnya, dikenal dengan nama Purple heart, dimana kayu satu ini memiliki keunikan dari warna yang asalnya coklat tua menjadi merah muda setelah ditebang.

Jenis ini sudah banyak digunakan, dari sejak dulu. Mengingat kualitasnya yang digunakan pada furniture atau barang kuno, selain itu, kayu ini memiliki ketahan terhadap air dan perubahan suhu udara.

Jika di amerika sendiri, kayu purple heart dibaderol dengan harga US$180-280 per meter kubik, atau jika di indonesia sebesar Rp 2.5 juta hingga Rp 4 Juta.

4. Kayu Lignum Vitae

Dikenal dengan sebutan pohon kehidupan, lignum vitae merupakan satu jenis pohon yang tersebar di amerika tengah dan selata, dimana pohon ini memiliki ukuran sekitar 6 hingga 10 meter.

Selain itu jenis kayu yang dihasilkanpun dikenal dengan harganya yang tergolong mahal, dimana kayu lignum vitae dibanderol dengan harga mencapai 1,2 juta perkilogramnya.

Namun dengan ekspolitasi kayu yang berlebihan, mengakibatkan habitat pohon ini terancam punah, sehingga harganya bisa lebih tinggi dari harga biasanya.

5. Kayu Bocote

Memiliki motif seperti kuda zebra, kayu termahal ini dikenal dengan nama bocote, tampilannya yang eye catching pun kerap diunggulkan untuk digunakan sebagai bahan furniture, alat musik, pegangan senjata, hingga bagian dalam kapal laut.

Jika dibandingkan dengan kayu diatas, kayu satu ini memiliki harga yang relatif murah, dimana harganya hanya dibanderol dengan harga Rp 500 rb per meter kubiknya.

Baca Juga : 5 Jenis Kayu Tahan Air yang Paling kuat di Indonesia! Hingga ratusan Tahun

6. Kayu Bubinga

Berasal dari benua afrika, kayu bubinga menjadi kayu termahal selanjutnya yang bisa digunakan. Dimana, kayu ini biasa dipakai diberbagai barang yang membutuhkan kayu dengan kualitas terbaik.

Bubingapun kerap menjadi andalan untuk membuat alat musik, khususnya kecapi dan gitar, sebab kayu bubinga bisa menghasilkan kualitas suara yang baik, karena kualitas itulah membuat kayu bubinga dibanderol dengan harga Rp 5-6,5 juta permeter kubiknya.

7. Kayu African Blackwood

Tumbuh didataran afrika, kayu african blackwood menjadi kayu termahal yang bisa ditemukan, sebab kayu ini dihargai dari Rp 7 juta, hingga Rp 10 juta permeter kubiknya. Selain bisa tahan dalam waktu yang lama.

Jenis kayu inipun memiliki ketahanan terhadap serangan rayap, bahkan jenis ini sulit mengalami pembusukan. Afrikan blackwoodpun sering digunakan untuk pembuatan alat musik mewah, seperti gitar ataupun piano clasik.

jadi, mana yang menurut kamu jenis kayu termahal?

Scroll to Top