Mengenal Kayu Manis : Karakteristik, Fungsi, hingga kelebihanya!

manfaat kesehatan kayu manis

Kayu Manis – Menjaga sistem imun tubuh tentunya merupakan hal yang wajib dan perlu pada saat ini bukan? bahayanya virus Covid-19 menjadikan kita perlu lebih kuat dalam sistem kekebalan tubuh dan imunitas badan.

Untungnya, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imun tubuh, seperti rajin mengasupi tubuh dengan beberapa vitamin serta olahraga yang teratur. serta masih banyak cara lainnya.

Tapi, ada lho cara mudah untuk memberikan efek samping agar tubuh menjadi kuat. Yaitu, dengan cara mengosumsi rutin rempah – rempah herbal, Herbal terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh karena akan kaya antioksidan.

Ayo siapa yang penasaran sama rempah apa yang bagus untuk tubuh, yaps, salah satunya yaitu Kayu Manis, penasaran engga kenapa kayu manis sangat ampuh untuk meningkatkan imun tubuh? untuk itu yuk simak Manfaatnya berikut :

Sekilas tentang Kayu Manis

Pastinya, akan sangat kurang jika kamu hanya mengenal khasiat dan manfaatnya saja dari kayu manis, tentunya kamu perlu mengenal lebih dekat dengan kayu satu ini, untuk itu yuk simak informasinya berikut :

Kayu Manis ( Cinnamomum cassia )

Tanaman Kayu Mnis memiliki ciri ciri yaitu memiliki tinggi berkisar 5 – 15 meter, kulit dari pohon kayu manis berwarna abu-abu tua dan berbau khas, serta warna kayunya berwarna merah coklat muda.

Memiliki daun muda berwarna cokelat muda, dengan daun yang termasuk kedalam tunggal, atau kaku seperti kulitnya. Tentunya, kamu bisa temukan kayu manis di beberapa area yang memiiki ketinggian mencapai 2.000mdpl.

Tidak seperti kayu lainnya, melainkan kayu satu ini tidak memiliki kelebihan atau manfaat untuk kebutuhan hunian seperti kayu jati dan sebagainya, hanya saja kamu bisa mendapatkan sejuta manfaat kesehatan dari kayu satu ini, penasaran apa saja? yuk simak manfaatnya berikut :

Manfaat Kayu Manis Untuk Tubuh

Siapa yang menyangka kayu satu ini yang biasanya digunakan bumbu yang khas, bisa menjadi obat herbal untuk tubuh? mungkin sebagaian dari kita terdengar asing ya, namun nyatanya, Kayu Pohon manis memiliki banyak manfaat lho, apa saja? yuk simak ulasannya :

1. Mengatasi Infeksi Jamur dan Bakteri

Manfaat pertama yang bisa kita rasakan dengan mengkonsumsi kayu manis, ialah dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan fungsi didalam tubuh, kenapa bisa?

Hal ini dikarenakan kayu ini memiliki komponen aktif, seperti cinnamaldehyde nih, yang dapat meningkatkan sistem imun dan melawan berbagai infeksi seperti salmonella bahkan listeria.

Baca juga : Cari kayu untuk Rumah? coba gunakan kayu satu ini ( klik disini )

2. Mengatasi gejala Saluran Pernafasan

Siapa nih yang setiap hari ngerasain sesek pada pernafasannya? atau bau mulut yang bikin kamu gapede, yang bikin tengsin saat sama dia. Ternyata hal ini dsebabnya karena saluran pernafasan yang tersembut atau terinfeksi lho.

Batang kayu yang memiliki kandungan essential oil yang mampu menghilangkan bau mulut secara alami, kamu bisa kunyah kayu manis lalu bau mulut akan segera hilang, gapercaya? cobain deh

3. Kayu manis dapat mencegah Kanker

Menurut beberapa penilitian, tidak hanya bermanfaat untuk pernafasan saja, melainkan kayu manis dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, dan dapat mengobati penderita kanker. Kenapa bisa?

Hal ini dikarenakan kayu ininemmiliki properti anitumor dan antikanker pada kayu manis yang berpotensi mengaktifkan respons antioksidan dan enzim yang mendetoksifikasi usus.

Bahkan lebih bagusnya, jika kamu mengkonsumsi kayu manis dengan minuman atau makanan sehari-hari agar kayu manis tidak terlalu hambar untuk kamu konsumsi.

4. Mengobati rasa nyeri dan Bengkak

Pernah merasa nyeri atau bengkak pada sendi? rasa nyaman tersebut tentunya bikin kamu ga nyaman karena dapat mengganggu aktivitas keseharian kamu bukan? Namun, bisa lho rasa nyeri itu hilang dengan kayu manis.

Coba konsumsi teh kayu manis, rasa hangat dari rebusan kayu manis tentunya bisa meredakan peradangan atau melepasakan tumpukan cairan yang berlebih pada tubuh. atau secara tidak langsung rasa nyeri pada bagian tubuh kamu bakal ilang dapat sekejap

5. Mengurangi Gula darah

rasa khas dari kayu manis yang sering digunakan sebagai pemanis alami dan pengganti gula, ternyata pemanfaat ini sangat berpengaruh lho bagi kita yang punya gula darah.

Hal ini dibuktikan dari beberapa setudi yang membuktikan bahwa kayu manis dapat mengurangi gula darah, hal ini pastinya sangat cocok bagi penderita diabates.

Untuk merasakan khasiatnya, coba untuk rutin mengonsumsi 1/2 sampai 2 sendo tek dalam takaran ( 1-6gram ) bubuk kayu manis disetiap harinya.

6. Mampu menurunkan Kolesterol

Bukan hanya untuk penderita diabetes aja, melainkan untuk penderita kolesterol pun kayu manis mampu membantu. Sebagaimana kita tahu bahwa kolesterol yang tinggi, tentunya akan membahayakan dan dapat menyumbat pembuluh darah.

Baca juga : Kayu Cedar, Ternyata ini kayu terbaik untuk furniture? Kenalan lebih dekat yuk

Masalah ini, tentunya sebabkan oleh keturunan maupun pola hidup yang kurang sehat, sebuah studi menyatakan bahwa kandungan dari kayu manis dalam menurunkan Kolestrol Jahat ( LDL ) dan meningkatkan kolesterol Baik ( HDL )

Caranya, kamu bisa menkombinasi minuman kayu manis dengan madu yang enak, caranya mudah lho, kamu tingga campurkan 1 sdt madu dengan 1/2 sdt bubuk kayu manis, dan campurnkan dengan air hangat atau teh sesuai selera.

7. Meningkatkan sel motorik otak

Penyakit neurodegenratif seperti Alzheimer dan parkinson bisa lho dicegah sejak dini, hal ini dututurkan dalam para penilitian yang menyebutkan bahwa kandung ekstrak dalam kayu manis, dapat mencegah penumpukan protein berbahaya dalam otak, yang sering ditemukan di beberapa pasien Alzheimer.

Manfaat kayu manis, lainnya tentunya bisa melindungi sel saraf otak atau Neouron dan meingkatkan fungsi motorik, terutama untuk penderita Parkinson.

8. Memperbaiki saluran pencernaan

Kamu sering nyerasain kembung, kram atau penuh gas setiap beres makan? Dalam tradisonal Ayuvedic, menyebutkan bahwa minyak kayu manis tentunya bisa lho untuk mengoati masalah pencernaan.

Rasa hangat dan pedas dari kayu manis, tentunya berkhasiat sebagai penangkal berbagai virus dan kuman penyakit pada pencernaan, untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa merebus kayu manis setelah makan.

Bagaimana? Sudah tahu manfaat apa saja dari kayu manis? namun kira-kira kamu sudah tahu belum berapa lama proses penyeduhan dari kayu manis? dari pada salah, yuk simak ulasannya berikut :

Cara mengolah Kayu Manis yang Tepat

Salah satu cara agar khasiat dari kayu manis terasa, yaitu dengan proses pembuatannya yang tepat, untuk itu kamu perlu mengenal beberapa tahapan penyeduhannya, seperti berikut :

Cara merebus kayu manis, Siapkan gelas dan tempatkan 1 batang kayu manis dalam gelas yang kamu siapkan, setelah itu tuangkan air panas kedalam gelas, dan biarkan selama 10 menit, bahkan lebih bagusnya jika Kamu menutupnya gelas tersebut dan membiarkannya.

Jadi, sudah tahu manfaat kayu manis dan cara merebusnya?

Demikianlah infromasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya kamu bisa mencari manfaat kayu lain hanya di rajawaliparket.net

Scroll to Top