7 Material Lantai untuk Taman yang Paling Direkomendasikan! ini Alasannya..

Lantai untuk Taman

Lantai untuk Taman – Keutamaan dalam membangun sebuah taman hunian yakni, keindahan tampilan yang dihasilkan. Tak melulu soal jenis tamanan, melainkan material lantai taman kerap menjadi tumpuan penting untuk sebuah tampilan.

Untuk itu, sebelum membangun sebuah taman, pastikan kamu menyiapkan beberapa hal dalam kontruksinya, salah satunya material lantai. Mungkin, banyak jenis lantai yang membuat kita kebingunan untuk memilih, material mana yang tepat.

Terlebih, konsep taman yang ada di Indonesia, memiliki ciri khas tersendiri, ada yang bernuansa Hutan, nuansa Taman minimalis, taman kering, modern hingga konsep taman ala Jepang. Membuat pemilihan material lantai sangatlah penting untuk menentukan konsep dan struktur taman.

Lalu, tak perlu khawatir dengan penyerapan air diarea taman, karena jenis jenis lantai berikut memiliki kelebihan tersebut yang dimana air akan tetap terserap tak hambatan, sudah tahu apa saja? ini 7 material Lantai terbaiknya :

Daftar 7 Material Lantai untuk Taman

Bingung memilih lantai untuk taman? yuk ketahui karakteristik, keunggulan lantai taman berikut :

1. Taman Rumput Sintetis

Jenis Lantai untuk taman yang paling banyak digunakan yakni, rumput sintetis, material lantai yang terbuat dari bahan plastik ini memiliki tampilan seperti rumput pada umumnya, yang dimana warnanya akan tetap hijau apapun kondisi cuacanya.

Walaupun tak bisa menyerap air, rumput sintetis dapat mengarahkan air ketempat penampuangan, sehingga kamu perlu menyediakan penampungan untuk aliran air hujan.

Baca Juga : Inspirasi Dekorasi Taman Depan Rumah! ini Cara yang Wajib kamu coba

Rumput sintetis, memiliki beragam ukuran, dari tebal 9 hingga 29 mm, lantai ini cocok untuk kebutuhan lantai olahraga, taman, bahkan area bermain. Penggunan rumput sintetis ini bisa menjadi alternatif lantai taman khususnya untuk kamu yang tak punya waktu untuk mengurus area taman, pasalnya rumput sintetis memiliki perawatan yang mudah.

2. Lantai Kayu Solid

Sudah pernah coba lantai kayu solid untuk Taman? pastikan kamu mencobanya yah, tak hanya memiliki tampilan yang menyatu dengan Taman, penggunaan lantai kayu kerap menjadi unggulan sebab tingkat kuat dan presisi yang sempurna hingga memiliki ketahanan terhadap rayap dan cuaca ekstream, sehingga cocok untuk kebutuhan lantai taman.

Hal inilah yang membuat para pemilik hunian kerap memilih lantai kayu solid untuk beragam kebutuhan interior dan eksterior, salah satunya lantai untuk Taman. Pastikan, jenis kayu yang digunakan kuat dan awet yah.

Kenapa demikian? sebab material kayu memiliki variasi jenis dan kualitas yang beragam, dari Jenis kayu kuat kelas I,II,III atau jenis kayu awet kelas I,II,III. Pastikan, kamu memilih jenis kayu terbaik.

Baca Juga : Jenis kayu mana yang cocok untuk Taman? yuk klik ini dan Temukan jenis Kayu Terbaiknya

3. Batu Kerikil Taman

Jenis Batu koral atau jenis batu yang dihasilkan oleh alam dengan cara ditambang dari pesisir pantai ini kerap digunakan sebagai lantai taman, batu kerikil memiliki bentuk dan warna yang bervariatif, sehingga jika digabungkan dan dibentuk menyerupai lantai akan menghasilkan tampilan yang sempurna.

Ukuran Kerikil yang banyak dipasaran, berukuran antara 2 mm dan 75 mm dengan bentuk lonjok, bulat, bahkan segitiga. Salah satu keunggulan untuk kebutuhan lantai taman yakni, batu kerikil mudah untuk dibentuk dan sesuaikan untuk lantai.

Baca Juga : Ketahui 9 Jenis Batu Taman Unik dan Cantik, Kamu Pilih yang Mana?

Bahkan lantai batu kerikil taman, memiliki ketahanan yang kuat dan tak mudah pecah, hanya saja lantai kerikil kerap licin. Namun kamu bisa memadukan material lantai ini dengan material lain sperti lantai rumput sintetis, atau lantai kayu.

4. Lantai Karet Taman

Kalau jenis lantai satu ini, cocok untuk kamu yang mempunyai anak anak di area rumah, sebab lantai karpet memiliki daya pantul yang bagus, sehingga aman jika anak anak terjatuh atau tersandung.

Apalagi tampilan lantai karet taman memiliki warna yang varitif, bahkan kamu bisa mendekornya sesuai keinginan.karena terbuat dari rubber, lantai karet untuk taman memiliki ketahanan yang baik, tidak cepat rusak, tahan lama, kuat, bahkan kokoh ketika terkena cuaca ekstream seperti hujan ataupun panasnya matahari, lantai karepun bisa kamu perbarui ketika sudah mulai mengelupas, ataupun kotor.

5. Lantai conblock taman.

jenis Lantai untuk taman yang direkomendasikan yakni Lantai conblock, dimana lantai in berfungsi untuk lantai yang banyak digunakan diluar bangunan, serta tidak mudah retak dan cacat.

Bahkan lantai conblock kerap menjadi solusi terbaik untuk lahan resapan saat hujan dan banjir, lantai taman satu inipun kerap dipasangkan diarea rumah seperti taman, untuk mencegah genanga air karena sifatnya yang menyerap air hingga 60%, tampilan lantai conblock mungkin hampir sama dengan paving block, hanya saja pemasangannya yang sedikit lebih rapat.

6. Lantai Batu taman sikat

Mungkin sebagian dari kita belum terlalu asing dengan batu sikat, namun jika membicarakan mengenai membangun dan menghias taman, maka material batu sikat kerap menjadi pilihan.

Sebab batu sikat atau batu pabble ini merupakan sebuah kumpulan batuan konglomerat dengan ukuran beragam dan warna yang bervariasi, bahkan tekstur permukaan batu sikat snagatlah lembut.

Hal tersebutlah yang membuat batu sikat taman kerap digunakan sebagai dekoratif pada taman hunian.batuan sikat ini kerap ditemukan dengan mudah dipesisir pantai, atau didalam sungai, pada umumnya batu sikat lebih halus dibanding batu lainnya.

7. Lantai Keramik Taman

Mungkin, pada dasarnya lantai keramik kerap digunakan untuk interior saja bukan? namun ternyata lantai keramik sangat cocok lho untuk taman, hanya jenis keramik untuk taman cukup berbeda dengan lantai indoor.

Lantai keramik taman, memiliki tekstur yang lebih terasa, agar lantai keramik tak licin ketika terkena air, bahkan lantai keramik untuk taman memiliki kekuatan yang lebih tinggi, dan tentunya dengan motif keramik yang khas.

Jadi, mana lantai taman yang paling cocok dipilih?

Scroll to Top