Alasan Memilih Kayu Akasia! Kenali karakteristik dan Manfaat Terbaiknya

karakteristik kayu akasia

Kayu Akasia – Kayu merupakan material yang sering digunakan sebagai material utama dalam pembuatan Furniture, Interior maupun kertas. Banyaknya jenis kayu yang bisa Anda ketahui, terutama untuk kebutuhan Interior dan eksterior.

Seperti jenis kayu yang akan kami bahas kali ini, yaitu Kayu Akasia. Sudah pernah mendengar kayu satu ini? Mungkin, sebagian dari Anda masih terdengar asing dengan Jenis kayu satu ini. Namun, bagi para produksi meubel, kayu ini sangatlah populer lho.

Walaupun sebelumnya, jenis kayu akasia menjadi primadona dalam pembuatan Kertas dengan Bentuk dan textur yang bagus, tapi kayu akasia akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan meubel, interior, karena kecocokan kualitasnya yang cukup mumpuni.

hal ini, tentunya di ciptakan dari karakteristik kayu akasia yang terbilang unggul, warna dan serat kayu akasia yang bisa menjadi nilai tambah untuk kebutuhan interior dan eksterior. Bagaimana? Tertarik dengan kayu akasia? yuk kita ulas lengkap berikut :

Sekilas Tentang Pohon Akasia

Sebelum membahas perihal karateristik yang dihasilkan dari Pohon akasia, tentunya Anda perlu mengenal terlebih dahulu asal muasal, bentuk, ciri khas dari Pohon akasia, untuk itu simak ulasanya berikut :

Spesies Pohon Akasia

Mengenak Pohon akasia, Akasia merupakan pohon atau tanaman yang termasuk kedalam keluarga Botani Faceae, sufamili mimosideae. Spesies pohon tersebut terdapat 1500 pohon dan salah satunya yaiut pohon akasia.

Ciri-ciri Pohon Akasia

Jika berbicara ciri khas dari pohon Akasia, pohon akasia ini memiliki akar ranting yang bercabang, mungkin jika disamakan pohon ini hampir miri dengan pohon beringi, wanra daun yang hijau kekuningan dengan bentuk yang melonjong menjadi ciri khas dari pohon ini.

Apalagi, pohon akasia memiliki warna batang cokleat kehitaman dengan texture pohon yang bergelombang, apalagi pohon akasia memiliki beberapa daun kecil. Mungkin, Anda akan mudah menemukan pohon satu ini.

Panjang Pohon Akasia

Pohon akasia, memiliki bentuk perawakan yang cukup besar, bahkan tinggi pohon akasia mampu mencapai ketinggian 30m, dengan batang bebas dan cabang lurus yang berukuran hampir mencapai setengah dari tinggi pohon akasia.

Dengan inilah membuat kayu dari akasia memiliki bentuk dan warna yang cocok untuk kebutuhan meubeul, tapi kira-kira bagaimana ya dengan karakteristiknya? untuk itu, yuk kita bahas sama-sama berikut :

Karakteristik Kayu Akasia

Tentunya jika Anda sudah mengenal ciri ciri dari pohon kayu akasia, Andapun perlu mengenal karakteristik, dan informasi lainnya dari kayu satu ini, untuk itu yuk simak hingga selesai, berikut :

Ciri khas Kayu Akasia

Warna Kayu Akasia

Kayu akasia atau Acaia manginum ini menghasilkan substrat kayu yang berwarna krem hingga cokelat kehijauan, dengan gubal berwarna krem, sedangkan beberapa bagian dari kayu tuanya ( kayu keras ) berwarna cekelat tua kehijauan hingga berwarna coklat muda.

Jenis Kayu Awet dan Keras

Jika ditanya perihal keawetan dari kayu akasia, ternyata kayu akasia bukan jenis kayu awet, tingkat awet dari kayu akasia yang termasuk rendah di Golongan kelas III. Namun jika ditanya awet tidaknya, tentunya kayu ini cukup awet lho, hanya saja kayu akasia tidak tahan terhadap air, yang mengharuskan untuk dipakai di area indoor saja.

Lalu, apa yang terjadi jika dipakai diluar ruangan? mungkin jika Anda memaksakan diri untuk menggunakannya diarea outdoor yang mudah terkena air, maka Anda perlu bersiap jika kayu satu ini terkena jamur dan keropos.

Baca juga : Berikut jenis jenis kayu anti air dan kuat untuk digunakan di Luar ruangan ( Klik Disini )

Jenis Kayu Olahan

Walaupun kayu akasia termasuk kayu yang tidak cukup awet, namun kayu akasia memiliki keunggulan yang mungkin bermanfaat untuk Anda gunakan, hal itu ialah sifatnya yang mudah diproses.

Jenis kayu ini memiliki daya ikat pada sekrup yang baik, serta tidak mudah pecah. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk kebutuhan bangunan, serta kegunaan interior maupun furniture lainnya

Tapi, ada lho kelebihan yang bisa diunggulkan dari kayu satu ini, tentunya dengan pemindahannya dari bahan kertas ke bahan furniture, menjadi bukti dari kelebihannya, maka dari itu yuk kita simak ulasannya berikut :

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Akasia

Berikut beberapa kelebihan yang akan disampaikan terlebih dahulu, antara lain :

Kelebihan Kayu Akasia

  • Serat kayu unggul, serat kayu kayu akasia sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan kertas, dan furniture, karena warna cokelat muda dan kremnya menjadikan kayu ini memiliki cirikhas dengan harga jual tinggi.
  • Waktu Panen cepat, pohon kayu akasia terkenal dengan waktu panennya yang cepat, bahkan ukuran pas dan kualitas tinggi, Anda bisa meanennya pada usia kurang lebih 6 tahun dengan diamater 30 cm.
  • Mudah dibentuk, seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa kayu akasia mudah dalam proses pembentukkanya dari pembentukan manual hingga mesin. Dengan inilah kayu akasia banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Baca Juga : Kenali produk lantai kayu olahan, Murah! yuk ketahui produknya ( Baca disini )

Kekurangan Kayu Akasia

  • Mudah terserang jamur, walau memiliki keunggulan yang beragam namun kekurangan ini tentunya akan berdampak besar, maka dari itu Anda perlu melapisinya dengan cairan anti rayap.
  • Proses pengeringan yang lama, tentunya dengan proses panen yang cepat, ternyata kayu ini memiliki kekurangan dari segi pengeringannya, hal ini tentunya akan menambah waktu pengerjaannya untuk dibuat berbagai kebutuhan.

Walaupun kelebihan dari kayu akasia terlihat sedikit, namun kayu ini memiliki beragam mafaat lho, untuk itu Anda perlu mengenal manfaat kayu akasia juga, simak ulasannya berikut :

Ketahui Manfaat Kayu Akasia

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, dalam penggunaan kayu akasia, antara lain :

1. Bahan Perabotan Rumah

Manfaat kayu akasia yang pertama yiatu, kayu ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan perabotan rumah terutama perabotan yang diletakan pada dalam rumah, seperti Meja, kursi, lemari dan lainnya.

2. Sebagai campuran Parfum

Mungkin Anda akan kebingungan, dengan manfaat satu ini. ya, walaupun kayu akasia tidak seharum kayu kamper, namun kayu ini bisa diolah menjadi campuran parfum karena memiliki bahan yang mengawetkan parfum.

3. Bahan Obat-obatan

Tidak menyangka, bahwa kayu ini ternyata memiliki kandungan zat tannin yang bersifat sebagai astringen yang dapat mengobati penyakit seperti gangguan seksual, rabies ataupun dapat menormalkan kadar gula darah.

4. Sebagai bahan kontruksi

Tidak menutup kemungkinan jika Anda berniat untuk menjadikan kayu Akasia sebagai bahan kontruksi, karena kayu akasia memiliki kualitas sangat keras yang membuat kayu ini dapat dijadikan sebagai bahan kotnruksi.

Bagaimana? Tertarik menggunakan kayu akasia?

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top