Ketahui Fungsi Lis Plafon hingga Ciri Produk Terbaiknya

Manfaat lis Plafon – Penggunaan plafon pada langit-langit rumah, merupakan bagian dari kontruksi bangunan yang memiliki fungsi sebagai atap untuk mencegah cuaca panas atau dingin agar tidak masuk ke dalam rumah.

Tak hanya sebagai pelindung ruangan dari cuaca, plafon juga memiliki peranan penting untuk menambah daya tarik visual dan nilai esetika pada rumah, dengan berbagai model dan material yang digunakan.

Namun, penggunaan plafon tak pernah lepas dari penggunaan material lis plafon. Dimana, lis sendiri merupakan elemen tambahan pada langit langir rumah agar terlihat lebih cantik dan menjaga kekohan antara atap dan dinding.

Terdapat berbagai jenis dan model Lis plafon yang bisa kamu gunakan, maka bagi kamu yang berencana membangun rumah, yuk simak ulasan mengenai jenis lis dan manfaat lis plafon sebelum menggunakannya, Berikut penjelasanya :

Fungsi dan Ciri Lis Plafon

1. Ukuran dan bentuk

Biasanya lis plafon tersedia dengan berbagai ukuran dan panjang yang berbeda tergantung material yang digunakannya. Namun, standar ukuran lis yakni sekitar 2 meter untuk panjangnya.

Sementara itu, bentuk dan lebar lis berukuran 120 cm x 240 cm. Namun, beberapa jenis lis seperti gypsyum, memproduksi dengan tingkat tebal hingga 9mm dan 15mm. Tapi, ideal tebal lis yakni sekitar 9 mm.

2. Motif dan Produk

Bentuk lis plafon yang tersedia di pasaranpun sangatlah beragam, ada yang memiliki motif ukiran, polos hingga alur yang cantik. Lis plafonpun tersedia dengan beberapa produk, yakni lis siku atau drof, penghubung dinding, sambungan, list U, yang memiliki fungsi yang berbeda.

3. Material Lis plafon

kamu bisa menemukan beberapa material lis yang bisa digunakan, biasanya lis menyesuaikan dengan plafon yang digunakan untuk memberikan hasil tampilan yang selaras dan cantik, berikut beberapa material lis yang tersedia, antara lain :

  1. Gyspum : Lis gypsum memiliki keunggulan yakni terdpat berbagai motif dan bentuk yang rumit, sehingga cocok untuk digunakan pada hunian mewah, karena bisa membuat rumah tampak lebih elegan dan megah. lis gysumpn memiliki kualitas yakni tahan lama sehingga tidak mudah terjadi kerusakan atau kebocoran pada atap hunian.
  2. Kayu Solid : Keberadaan lis kayu solid sangat cocok pada hunian bergaya rustic, terlebih jika atapnya menggunakan lambersering, maka akan membaut ruangan terasa lebih hangat dan nyaman.
  3. PVC : Walaupun tidak memiliki banyak lekukan dan motif seperti gyspum, namun lis PVC mampu menghadirkan tampilan yang sederhana dan minimalis, penggunaan lis PVCpun akan terlihat lebih menawan dan cocok untuk gaya hunian berkonsep monokrom.

Baca Juga : Termurah! Jual Lambersering Kayu Dengan Harga Termurah dan Bergaransi 2023

4. Fungsi Lis Plafon

Berikut beberapa fungsi dan manfaat lis bagi sebuah bangunan, antara lain :

  1. Memperkuat dinding dan atap : Fungsi utama penggunaan lis yakni agar bangunan tidak mudah retak, dan lis digunakan sebagai penghubung antara dinding dan plafon sehingga lebih atap tidak mudah roboh.
  2. Mempercantik atap : Lis plafonpun berfungsi sebagai dekorasi atau elemen untuk mempercantik rumah, apalagi jika penggunaan lis plafon bertekstur atau ukiran, ruangan akan lebih hidup dan cantik.
  3. Ruangan lebih rapih : Sama seperti penggunaan Plint pada area lantai, lis kayupun mampu dijadikan elemen untuk menyembunyikan kabel atau rangka atap yang berantakan, sehingga penggunaan lis akan membuat atap dan dinding lebih rapih.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Plint untuk Ruangan, dan Jenis Material Terbaiknya

5. Jenis Lis plafon

  • Jenis Lis Plafon siku-siku : Salah satu jenis lis satu ini, sangat cocok untuk rumah mewah beragaya klasik, dimana lis sudut siku-siku memiliki penopang yang membuat rumah tampak lega dan hemat ruangan, apalagi ukurirannya dibuat lebih besar agar terlihat lebih mewah dan jelas
  • Jenis Lis Minimalis : Jenis Lis satu ini, kerap dibuat oleh material PVC, dimana jenis lis ini memiliki entuk yang simple dengan warna netral, sehingga jenis plafon satu ini membuat ruangan lebih netral dan nyaman.
  • lis bergaya vintage : Rumah vintage identik dengan interior dan eksterior berbahan dasar kayu, dimana jenis lis kayu memiliki warna kayu yang alami, dan serat yang klasik, sehingga hunian akan lebih rustic dan hangat, apalagi dengan jenis lis ini kamu bisa memilih bentuk dan jenis kayu sesuai kebutuhan.

Jadi, sekarang sudah tahu apa itu lis plafon ?

Scroll to Top