Indonesia tentunya negara yang tropis dengan beragam tumbuhan yang bisa dimanfaatkan, seperti pohon yang digunakan untuk kebutuhan kayu.

Salah satu jenis pohon yang berasal dari indonesia namun belum cukup di kenali di masyarakat ini, merupakan jenis pohon yang memiliki kayu yang esotis. Sudah pernah mendengar dengan pohon dan kayu Gaharu?

Mungkin, sebagian dari Anda masih terdengar asing jika menyebut pohon gaharu, tapi pohon satu ini merupakan kayu asli khas nusantara yang memiliki beragam keunggulan yang bisa disandingkan dengan jenis kayu lainnya.

Untuk itu, jika Anda penasaran dan ingin tahu mengenai jenis kayu satu ini, yuk kita simak beberapa informasi mengenai kayu gaharu, dan manfaat apa aja yang bisa Anda dapatkan, berikut informasinya :

Mengenal Fakta Kayu Gaharu

gaharu atau pohon gaaharus memiliki karkateristik yang unik, yaitu memiliki warna kehitaman dan mengandung resin yang khas dari sejumlah spesies pepohonan, seperti marga ataupun genus Aquilaria. Terutama Aquailaria malaccensis.

Baca juga : Mengenal Kayu Sonokeling

Karakteristik Pohon gaharu

Tidak kalah saing dari kayu kamper, kayu gaharu memiliki aroma yang khas dan unik, pohon satu ini dapat tumbuh dengan ketinggian 40 meter dengan diameter 40 hingga 60 cm, dan memiliki daun yang lancip serta runcing dibagian ujungnya.

Pohon gaharus memiliki bunga yang bisa tumbuh diabgain atasnya, dan pada bagian ujung ranting. Bunga pohon gaharu berwarna hijau atau kuning.

Serta kayu pohon gaharu memiliki batang tidak beranir, yaitu lurus dan bersifat kayu keras. Kulit, dari pohon gaharus sendiri memiliki kulit yang berwarna kecoklatan, serta memiliki tekstur yang halus.

Sebaran Pohon Gaharu

Terdapat beberapa sepsies dari pohon garus, tersebut 20 spesies alami dinegara negara asia, seerti tiongkok, india.

Di indonesia itu sendiri memiliki setidaknya 6 jenis spesies gaharu yang tumbuh secara alami, Anda bisa menemukan sebaran pohon tersebut di wilayah hutan papua, kalimantan, sulawesi dan sumatera.

Ciri kayu Gaharu

Lalu, ciri dari kayu gaharu itu sendiri yaitu memiliki warna hitam pekat di area gumpalnya yang merata, serta aroma kayu gaharu yang wangi ketika dipotong atau disayat. Sedangkan, kayu gaharu itu sendiri memiliki kualtias yang rendah.

Pada bagian gubal dari kayu satu ini cenderung berwarna coklat, serta aroma yang dihasilkan tidak sekuat dengan pohon gaharus yang berkualitas tinggi.

Baca juga : Begini Perbedaan Jati Rakyat, Perhutani Dan Jati Emas Yang Perlu Anda Ketahui!

walaupun kayu yang dihasilkan dari kayu gaharu berkualitas rendah, namun pohon gaharu ini banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan lainnya lho, pensaran apa saja manfaat dari kayu gaharu? Berikut informasinya :

Apa saja Manfaat Kayu Gaharu?

seperti manfaat pada kayu umumnya, kayu gaharus bisa Anda Manfaatkan untuk kebutuhan bangunan, furniture serta lainnya.

Namun karena memiliki kandungan resin yang membuat kayu satu ini mengeluarkan aroma yang khas, pohon gaharu bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan lainnya, seperti :

  • Bisa Anda gunakan untuk Parfum
  • Sebagai Obat terapi
  • Aroma terapi dan Antidepresan
  • Sering digunakan untuk bahan kosmetik, shampoo dan bedak
  • Bahan kayu tasbis
  • dapat mengobati diare, kembung dan penyakit ginjal
  • Menurunkan sesak nafas atau hipertesis

Untuk mendapatkan hasil pemanfaatan yang terbaik, maka harus dilakukan proses penyulingan atau distalasi uap terlebih dahulu, agar aromatik gaharu dapat terpisah dari kayunya.

Dengan kebutuhan yang melesat pada saat ini, Anda bisa menfaatkannya karena kayu gaharu memiliki daya jual yang tinggi, untuk itu jika Anda memiliki lahan yang luas, coba untuk menanam pohon satu ini.

Namun, menanam dan membudidayakan pohon satu ini perlu beberapa tahap yang tepat, agar pertumbuhan dari pohon gaharu stabil dan bisa Anda jual dengan kualitas yang tinggi. untuk itu, yuk ketahui, langkah dari Budidaya pohon gaharu. Berikut informasinya

Langkah Budidaya Pohon Gaharu

Mengingat pohon gaharu yang berada di kondisi yang rentan punah, maka yang harus diperukan yaitu pembudidayaan agar tetap lestari dan tidak punah.

Secara alami pohon gaharu dapat dipanen pada umur 5 tahun, tentunya ini memberikan nilai keuntungan yang tinggi, karena penebangan gaharu alam dapat berkurang.

Namun, agar mendapatkan hasil kayu yang berkualitas, maka diperlakukan beberapa perhatian yang lebih, berikut yang harus Anda ketahui :

1. Gunakan bibit yang terbaik

Cara mendapatkan bibit gaharu yang berkualitas ialah dari persemaian yang juga berkualtias. Anda dapatmembeli langsung ke penjual bibit pohon, agar dapat dipilihan oleh para penjualnya.

Bibit gaharu yang siap ditanam dan berkualitas tinggi, memiiki bebeberapa ciri seperi diameter bibit sekitar 1 cm, lalu akar tanaman tidak menembus plastik polybag, segar dan tentunya tidak layu.

Tentunya Bibit harus diperlakukan dengan baik, misalnya ketika melakukan pemindahan atau pengangkutan bibit. Perlakukan yang mengesampingkan keamanan bibit, kemungkinan dapat menurunkan kualitasnya.

2 Tentunya kualitas lahan Tanam

Dalam membudidayakan pohon gaharu, lahan tanam yang diperlukanpun harus sesuai dengan jumlah bibit yang akan ditanam

Penentuan jumlah bibit ditentukan dengan berpegangan pada jarak tanam pohon gaharu, yaitu 3 m x 3m. jika Anda memiliki lahan 1 hektar, maka Anda dapat menanam bibit pohon gaharus sebanyak 1.111 bibit

3. Mempersiapkan media tanam pohon gaharu

Sebelum melakukan penanam, media yang harus disiapkan paling lambat 2 minggu sebelum masa tanam, pembuatan lubang tanampu peru dilakukan diawal agar lubang memperoleh cukup pasokan unsur hara.

Ukuran lubang tanamnya di sekitar 3 m x 3 cm x 3m, akan tetapi dapat disesuaikan terhadap jenis gaharu yang akan ditanam.

4. Perawatan Gaharu yang tepat

Anda dapat melakukan umum pada pohon gaharu, seperti penyiangan, penyulaman, sera pemangkaasan agar terlindung dari hama dan penyakit pepohonan.

Penyiangan dibutuhkan agar pohon gaharu dapat tubuh optimal tanpa memperebutkan unsur har dalam tanah dengan tumbuh lainnya. Seperti semak berlukar serta rerumputan yang tumbuh secara alami.

Jadi, apakah Anda berminat untuk membudidayakn Pohon gaharu?

Tentunya, dengan permbudidayaan tersebut akan mendapatkan hasil dan daya jual yang tinggi, serta memiliki keuntungan yang bisa Anda peroleh. Untuk itu, jika Anda memiliki lahan yang luas, segera tanam.

Atau jika Anda tertarik menggunakan hasil dari kayu gaharus, segera pesan dan simpan di area rumah agar hunian semakin berkualtias denan adanya kayu gaharu.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. ..

Scroll to Top