promo lantai kayu

Harga Decking Kayu – Sedang Mencari Produk Decking untuk Hunian? Decking atau lantai kayu outdoor menjadi salah satu eksterior yang perlu Anda perhatikan, terutama untuk beberapa area seperti area taman rumah atau Pinggiran Kolam renang.

Penggunaan Decking tentunya memberikan efek dan nuansa yang lebih sejuk dan asri. Terutama Decking memiliki alur air yang memberikan jalan air agar air tidak mengendap dipermukaan, ketika cuaca hujan turun di area luar hunian.

Decking itu sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa Anda gunakan, setiap jenis Kayu decking memiliki Tingkatan kayu yang berbeda-beda, dimulai dari Tingkat keras dan Warnanya, Tentunya perbedaan ini membuat Anda dapat memilih jenis kayu yang sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Namun sebelum membahas jenis – jenis kayu untuk lantai outdoor, kami akan memberikan informasi mengenai Harga terlebih dahulu, berikut informasinya :

Harga Lantai Kayu Outdoor ( decking )

Nama ProdukUkuran ProdukHarga Produk
Decking Ulin Kalimantan1,9 cm x 9 cm x 100 cmRp. 870,000,-
Decking Bengkirai1,9 cm x 9 cm x 100 cmRp. 390,000,-
Decking Merbau 1,9 cm x 9 cm x 100 cmRp. 450,000,-
Decking Keruing1,9 cm x 9 cm x 100 cmRp. 390,000,-
Harga diatas Belum termasuk Biaya Pemasangan

Kenapa harus menggunakan Decking Kayu?

Selalu menjadi pertanyaan, mengapa harus menggunakan decking kayu untuk kebutuhan Lantai Outdoor? sedikit fakta menarik, bahwa kayu mampu menyerap panas dan Suhu dingin, sehingga permukaan kayu menjadi lebih hangat dan sejuk, kayupun dapat memberikan efek positif untuk kesehatan, karena kayu itu sendiri memiliki ion negatif yang baik untuk pernafasan.

Terlebih kayu merupakan material dengan durabilitas yang panjang, bahkan jika Anda merawat material Decking dengan baik.

Maka Decking atau lantai kayu outdoor tersebut dapat bertahan hingga lebih dari 20 tahun lamanya. Hal ini membuat Decking lebih irit biaya untuk jangka waktu panjang.

Apalagi kebutuhan material outdoor seperti Teras luar, Balkon dan roftop membutuhkan material lantai outdoor yang kuat.

Terlebih decking itu sendiri merupakan material dengan bobot kayu yang kaut serta, material yang tidak mudah berubah bentuk, keropos dan juga dimakan oleh rayap. Untuk itu kebutuhan decking kayu untuk lantai outdoor sangatlah tepat.

Bagaimana cara merawat decking kayu agar bisa bertahan hingga puluhan tahun?

Tentunya sangat tepat, jika perawatan adalah hal yang penting untuk durabiltias sebauh kayu. Namun, bagaimana cara perawatan decking tersebut?

Pada dasarnya decking merupakan material eksterior yang tidak terlalu ribet perihal perawatan, namun yang harus Anda jaga yaitu kebersihannya.

Caranya dengan membersihkan dari sampah organik seperti dedaunan kering atau cairan licin yang dapat membayakan.

Jika sudah tahu alasan dan cara merawat decking untuk mencegah beberapa hal, agar material outdoor tersebut bisa Anda nikmati dengan jangka waktu panjang.

Setelah itu, sudah tahu jenis-jenis kayu apa saja yang baik untuk Decking? jenis kayu yang sering digunakan ialah Kayu ulin kalimantan, bengkirai, Keruing dan merbau.

Sudah tahu jenis kayu Decking seperti apa? Berikut informasinya :

4 jenis Kayu Lantai Outdoor Tahan Air

Jenis kayu yang akan dibahas tentunya memiliki karakteristik untuk kebutuhan Outdoor, kebutuhan tersebut terdiri dari Kekuatan, keawetan, serta ketahanan terhadap berbagai macam cuaca, termasuk air. Berikut informasi mengenai jenis kayu-kayunya :

Kayu Ulin untuk Lantai Outdoor

Terdapat 2 jenis ulin yang ada di indonesia, yaitu ulin kalimantan dan ulin sulawesi, namun secara fisik, kayu ulin kalimantan lebih keras dibanding kayu ulin sulawesi.

Itulah mengapa jenis ulin kalimantan dipilih untuk kebutuhan material outdoor, Kayu ulin kalimantan itu sendiri memiliki karakter yang unik.

Kayu ulin kalimantan memiliki warna kuning kecoklatan, dengan perubahan warna coklat kehitaman jika terkena air dan tidak mengurangi kualitas kayu malah akan semakin kuat, hal ini membuat kayu ulin sebagai kayu besi karena semakin hari semakin kuat.

Secara teknis, kayu ulin memiliki tingkat keras di kelas I, tingkat kuat kelas I dan tingkat awet kelas I, tingkatan tersebut merupakan tingkatan tertinggi di jenis lainnya. Sudah pasti, jika jenis kayu satu ini tahan terhadap cuaca dan serangan rayap.

Sayangnya, kualitas kayu ulin tidak sebanding dengan jumlah kayu ulin sendiri dipehutani, sehingga membuat decking ulin memiliki harga yang cukup tinggi, hal ini disebabkan sulitnya penanam kembali kayu ulin, ditambah pertumbuhan kayu yang sangat lama.

Hasil Pemasangan Decking Ulin

Karakteristik Produk Decking Ulin

  1. Ukuran Decking Ulin : Tebal 1,9 cm, Lebar 9 cm dan Panjang Random dari 100 hingga 390 cm.
  2. Warna Kayu : Coklat kekuningan hingga coklat kehitaman
  3. Fitur Decking : Alur air dan Polos

Harga Mulai Dari : Rp 870.000,-/m2 ( Belum termasuk Biaya Pemasangan )

Kayu Bengkirai untuk Decking Kayu

Salah satu jenis kayu yang memiliki tingkat keras yang setara dengan kayu ulin yaitu kayu bengkirai. Kayu satu ini berasal dari kalimantan seperti kayu ulin.

Secara teknis kayu bengkirai memiliki tingkat keras Kelas I, tingkat kuat bervariasi serta tingkat awet I/II/III, tingkat awet ini sama halnya dengan Kayu jati.

Dar segi visual, kayu bengkirai memiliki warna yang unik, yaitu kuning keckolatan, dan coklat cerah, terlebih kayu bengkirai memiliki serat yang lurus dan permukaan yang sedikit kasar.

Kayu Bengkirai ini tergolong kayu keras, namun memiliki resiko yang tinggi, yaitu kayu yang mudah retak dan daya lengkung kayu yang cukup tinggi.

Namun hal itu masih bisa diperbaiki oleh proses yang akan dilakukan oleh para ahli pasang rajawali, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Walaupun memiliki daya retak yang tinggi, kayu bengkirai memiliki kemudahan dalam proses pengolahannya, sehingga pengolahan kayu satu ini memudahkan para kontruksi.

Decking kayu bengkirai juga menjadi jenis lantai outdoor yang memiliki reputasi yang sangat baik dipasaran.

Hal ini terbukti dengan banyaknya peminat kayu bengkirai yang dijadikan untuk kebutuhan material outdoor, terlebih decking bengkirai memiliki harga yang sangat terjangkau.

Hasil Pemasangan Decking Bengkirai

Karakteristik Produk Decking Kayu Bengkirai

  1. Ukuran Decking bengkirai: Tebal 1,9 cm, Lebar 9 cm dan Panjang Random
  2. Warna Kayu : Cokelat Cerah dan cokelat kekuningan
  3. Fitur Decking : Alur air dan Polos
  4. Produk Decking : Decking jumbo, Alur, dan Decking Polos

Harga Mulai Dari : Rp 390.000,-/m2 ( Belum termasuk Biaya Pemasangan )

kayu Merbau untuk Decking Outdoor

Decking kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari tanah papua, didaerahnya kayu satu ini memiliki sebutan kayu besi yang dikarenakan sifat keras yang sangat tinggi.

Kayu merbau itu sendiri memiliki warna yang khas yaitu merah kecoklatan dengan serat lurus seperti kayu kepala.

Secara teknis, kayu merbau termasuk jenis kayu yang memiliki tingkat keras kelas I, tingkat kuat II dan tingkat awet Kelas II. kayu merbau diperkirakan memiliki tingkat keras yang lebih dari kayu jati, dan dibawah kayu ulin.

Kayu Merbau terbilang kayu yang tahan terhadap perubahan cuaca, dan tidak mudah berubah bentuk serta kuat terhadap rayap.

Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan lantai kayu outdoor saja, melainkan kayu satu ini banyak dipalikasikan untuk kebutuhan indoor juga, seperti lantai kayu indoor, papan tangga, serta lambersering kayu.

Hasil Pemasangan Decking Merbau

Karakteristik Produk Decking Merbau

  1. Ukuran Decking Merbau: Tebal 1,9 cm, Lebar 9 cm dan Panjang Random
  2. Warna Kayu : Cokelat Merah
  3. Fitur Decking : Alur air dan Polos
  4. Produk Decking : Decking jumbo, Alur, dan Decking Polos

Harga Mulai Dari : Rp 450.000,-/m2 ( Belum termasuk Biaya Pemasangan )

Kayu Keruing untuk Decknig Hunian

Kayu Keruing merupakan jenis kayu untuk decking yang berasal dari wilayah Tropis, seperti Jawa, sumatera dan kalimantan. Kayu satu ini memiliki warna coklat kemerahan, dengan tekstur kayu yang agark kasar, serta serat yang lurus.

Kayu ini memiliki kesamaan dengan kayu merbau, hanya saja warna kayu keruing lebih cerah serta harga yang lebih murah dikarenakan kualitass kayu yang dibawah kayu merbau.

Baca juga : Mengenal karakteristik Kayu Keruing dan Produk Lainnya

Secara Teknis, kayu keruing memiliki tingkat keras yang cukup tinggi, diantara I,II dan Tingkat awet kelas III, artinya kayu satu ini terbilang ada kemungkinan untuk lapuk meskipun dalam tingkatan medium.

Untuk itu jika ingin menggunakan kayu satu ini, diskusikan terlebih dahulu dengan para ahli pemasangan. Agar material decking tersebut dapat digunakan utuk jangka yang lebih panjang.

Hasil Pemasangan Decking Keruing

karakteristik Decking Kayu Keruing

  1. Ukuran Decking Keruing: Tebal 1,9 cm, Lebar 9 cm dan Panjang Random
  2. Warna Kayu : Cokelat Merah cerah
  3. Fitur Decking : Alur air dan Polos

Harga Mulai Dari : Rp 390.000,-/m2 ( Belum termasuk Biaya Pemasangan )

Mengenal Perbedaan Lantai indoor dan lantai outdoor

Walaupun terbuat dari material kayu, kedua produk ini memiliki perbedaan yang spesifik, terutama untuk decking kayu.

Jika lantai indoor tidak memiliki alur air, berbeda dengan decking kayu yang memiliki alur air yang tujuannya untuk memberikan jalan terhadap air agar tidak mengendap dipermukaan.

Namun, jika lantai indoor, karena minim terkena derasan air maka produk indoor tidak memiliki fitur tersebut, hanya saja lantai indoor memiliki kuncian T&G yang ada pada samping kirinya, hal ini untuk memberikan keamanan yang lebih.

Baca Selengkapnya : Kenali Produk Kayu Indoor dan Harga Produknya

Jadi, produk decking mana yang akan Anda gunakan?

Marketing Rajawali
0811203032

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top