Belakangan ini, pemilik hunian sering mencari material lantai yang praktis agar dapat memasangkannya tanpa perlu jasa. salah satu lantai yang praktis ialah lantai vinyl. Sudah tahu dengan lantai Vinyl? Sedikit informasi mengenai lantai vinyl. vinyl, merupakan material lantai yang berbahan dasar PVC ( Polyvinyl Chloride) bahan kimia yang membentuk lapisan lantai.

Lantai Vinyl, merupakan salah satu lantai yang mudah saat proses pemasangannya, Apalagi lantai vinyl memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibanding material lantai lainnya. untuk itu sebelum Anda membaca pemasangan lantai vinyl, yang belum mempunyai produk vinyl, Anda dapat membelinya terlebih dahulu. Berikut artikel mengenai Produk lantai vinyl

Baca selengkapnya : Produk lantai vinyl dengan Harga promonya

Setelah Anda sudah menyiapkan produk vinyl untuk Anda gunakan, yuk langsung saja untuk menyimak beberapa tahapan pemasangan lantai vinyl, berikut informasinya :

Langkah Persiapan Pemasangan Lantai Vinyl

1. pilih area lantai yang akan dipasangkan vinyl

langkah pertama dalam pemasangan lantai vinyl tentunya mempersiapkan area yang akan digunakan, biasanya lantai vinyl dapat digunakan di area indoor atau dalam ruangan, seperti ruang tamu, kamar tidur, dan ruang lainnya.

2. Sesuaikan ukuran dan type Vinyl untuk lantai

Sesuaikan ukuran yang akan Anda gunakan, pengukuran Anda bisa lakukan dari ujung keujung, setelah ukuran sudah ditentukan, pilih type lantai vinyl yang akan Anda gunakan, vinyl memiliki 4 type yang akan Anda gunakan, antara lain : vinyl roll, vinyl tile, vinyl plank, dan vinyl click.

Namun, Untuk hal ini ada sebaiknya Anda memberikan toleransi ukuran tertentu supaya dapat mempermudah saat pemasangan.

3. Keluarkan furniture

Langkah persiapan selanjutnya ialah mengosongkan area lantai yang akan dipasangkan lantai vinyl hingga kosong, keluarkan furniture furniture yang ada diarea tersebut agar pemasangan tidak terganggu oleh pemindahan furniture secara dadakan.

4. Bersihkan area lantai

Tahap selanjutnya untuk membersihakn area lantai hingga bersih, karena lantai vinyl dipasangkan dengan menggunakan lem. JIka lantai kotor, lem tidak akan merekat pada lantai dan akan cepat terkelupas jika lantai yang akan di pasangkan terdapat debu dan kotoran. dan pastikan Lantai tidak bergelombang.

Setelah dirasa langkah persiapan sudah selesai, langkah selanjutnya yaitu proses pemasangan lantai vinyl, berikut informasinya :

Langkah Pemasangan lantai Vinyl

1. Tata Lantai Vinyl secara Terbalik

Tahap pertama yaitu menjajarkan semua lantai vinyl diujung keujung sesuai area yang akan digunakan, proses ini dilakukan secara terbalik karena hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses pengeleman lantai vinyl.

2. Menuangkan Lem yang sudah di Compound

Setelah lantai vinyl sejajar sesuai area yang akan dipasangkan dengan keadaan terbalik, selanjutnya untuk memberi lapisan lem pada permukaan vinyl, biasanya lapisan bahwa vinyl berwarna hitam, dan lapisan tersebut yang harus Anda lem. Terus lem secara merata agar tidak bergelombang.

3. Pasang Lantai vinyl ke lantai

Jika dirasa lantai vinyl sudah di lem secara merata, dan tidak tersisa. maka selanjutnya untuk menempelkan lantai vinyl ke area lantai dengan hati – hati, dan ditempelkan dari ujung keujung agar tidak ada permukaan yang tidak menempel. Lalu, pastikan area lantai vinyl dipukul perlahan menggunakan palu plastik atau alat lainnya.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Murah Solid Wood Dan Syntetis

4. Potong bagian lantai vinyl yang terlalu panjang

Tahap selanjutnya setelah lantai dipasang, pastikan lantai vinyl tidak terlalu kepanjangan bahkan melebihi hingga keluar area yang dikhususkan, jika dirasa ada lantai vinyl yang terlalu panjang. Potong lantai vinyl menggunakan gunting hingga panjang yang dibutuhkan pas

5. Finishing Lantai Vinyl

Setelah lantai vinyl sudah menempel diarea lantai yang diingikan, perhatikan lantai vinyl dari ujung keujung agar tidak ada vinyl yang belum melekat secara tepat. Jika ada, perbaiki segera agar lem vinyl tidak cepat kering. Jika sudah semua, bersihkan sisa lem menggunakan lap basah, lalu sapu.

Setelah semua dirasa beres, Anda dapat menggunakan area tersebut. dan selamat menikmati lantai vinyl baru untuk area hunian.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga usai, selamat menikmati hunian terbaik dengan lantai vinyl berkualitas.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top