5 Jenis Handle Pintu dari Fungsi Hingga Bahan Terbaiknya

Jenis Handle Pintu – Dengan terus berkembangnya teknologi, kreativitas, dan inovasi dalam bidang desain interior dan eksterior bangunan, kita melihat semakin banyak jenis gagang pintu yang menarik secara visual dan fungsional.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua gagang pintu cocok untuk setiap desain dan model ruangan. Sebelum memilih, kita harus mempertimbangkan kesesuaian antara gagang pintu yang dipilih dengan karakteristik dan gaya ruangan serta pintunya.

Oleh Karenanya, pemilihan gagang pintu perlu diperhatikan saat memiliki dan menyesuaikan antara model ruangan dan pintu yang digunakan dengan jenis handle yang dipilih.

Artikel kali ini, akan membahas beberapa jenis handle pintu dengan bentuk pintu yang digunakannya. Ada apa saja? Berikut diantaranya:

Jenis Handle Pintu dari Fungsi dan Bentuk Pintu

1. Gagang Pintu Tarik

Handle tarik adalah jenis gagang pintu yang memiliki model sederhana dengan ciri khas berupa ruang yang luas di bagian tengahnya sebagai tempat memegang pintu.

Gagang ini sering ditemui pada lemari, loker, dan pintu kaca yang umumnya digunakan di tempat umum seperti minimarket. Namun, handle ini memiliki kekurangan karena terpisah dengan kuncinya, sehingga pemasangannya harus dipisah dengan kunci pintunya.

Meskipun demikian, ada beberapa kelebihan yang dimiliki handle tarik ini, seperti kemudahan tangan dalam membuka pintu karena ruang yang luas.

Fleksibilitas dalam menggunakan bahan, bentuk yang simpel, serta kesesuaian dengan segala jenis pintu, termasuk yang memiliki desain minimalis.

2. Handle jenis lever on Rose ( LOR)

Handle jenis lever on rose hampir identik dengan lever on black plate, namun ditambah dengan ornamen berbentuk persegi atau bundar di sekelilingnya.

Ornamen ini berfungsi utama untuk menyempurnakan tampilan handle serta menyembunyikan instalasi di dalamnya. Biasanya, handle ini memiliki ukuran lebih kecil daripada lever on black plate dan tidak dilengkapi dengan slot kunci.

Anda dapat memilih dari beragam model, mulai dari yang terbuat dari stainless steel, berlapis kromium, hingga yang memiliki gagang melengkung.

3. Jenis Handle tanpa Tuas

Handle pintu tanpa tuas merupakan alternatif yang tidak memerlukan tuas untuk membuka atau menutupnya, melainkan menggunakan cekungan di tengahnya untuk memasukkan jari dan mengoperasikan pintu.

Biasanya, handle tanpa tuas ini lebih cocok untuk jenis pintu geser, karena model aplikasinya yang sesuai. Kelebihan handle pintu tanpa tuas meliputi desain minimalis yang memberikan tampilan bersih.

Penggunaan yang praktis, serta proses membuka pintu geser yang terdengar lebih kalem dan halus.

4. Jenis Gagang pintu type U

Model handle ini seringkali menjadi pilihan karena kesederhanaannya yang timeless. Dengan tampilan yang klasik, handle ini menawarkan sentuhan yang elegan tanpa terlalu mencolok.

Kelebihan lainnya adalah kemudahan dalam pemasangan pada pintu, sehingga cocok digunakan baik untuk pemilik rumah yang ingin melakukan perbaikan sendiri maupun untuk profesional dalam industri desain interior.

Baca Juga : 4 Model Pintu Rumah yang Paling Terbaru, Ternyata ini Alasannya

5. Handle Pintu jenis Lever on Backplate

Gagang pintu yang Anda maksud adalah jenis “Lever on Backplate” atau tuas pada piringan besar di belakangnya.

Piringan ini biasanya memiliki bentuk persegi panjang yang memanjang ke bawah dan dilengkapi dengan ruangan untuk rumah kunci di bagian bawahnya.

Jenis gagang pintu ini sangat populer di kalangan pengguna pintu karena beberapa keunggulan yang dimilikinya.

Pertama, gagang pintu ini dapat bervariasi menjadi model sederhana, minimalis, hingga mewah, sesuai dengan preferensi dan gaya desain ruangan.

Terakhir, tingkat keamanannya cukup baikLever on Backplate tidak hanya menawarkan fungsi praktis sebagai alat pembuka pintu.

6. Jenis gagang pintu tangkup

model gagang pintu lemari tangkup (cabinet cup handle) memang sering ditemui pada lemari pakaian dan lemari dapur.

Dari segi gaya, gagang pintu ini memiliki bentuk semi bundar yang menonjol, serupa dengan model flush pull handle. Meskipun tidak terlalu banyak variasi model yang ditawarkan,

Namun Anda masih bisa memilih dari berbagai bentuk dan warna yang sesuai dengan preferensi dan gaya desain ruangan Anda.

Gagang pintu lemari tangkup tidak hanya memberikan fungsi praktis sebagai alat untuk membuka dan menutup pintu lemari, tetapi juga dapat menambah sentuhan estetika yang menyeluruh pada ruang tersebut.

Bahan Gagang Pintu dan Keunggulannya

jika tadi sudah membaca beberapa jenis handle pintu dari setiap bentuk dan cara penggunaannya, kali ini kita akan membahas mengeani bahan-bahan dari gagang pintu berserta setiap keunggulannya :

1. Bahan Gagang pintu dari Besi

Gagang pintu dengan bahan besi tidak terlalu umum digunakan karena dianggap terlalu berat, yang dapat menambah beban pada pintu saat diaplikasikan.

Meskipun demikian, material besi memiliki daya tahan yang kuat terhadap benturan dan tahan cuaca, terutama pada jenis besi murni.

Meskipun memiliki kelemahan, gagang pintu besi juga memiliki kelebihan seperti daya tahan yang sangat kuat pada benturan, ketahanan terhadap cuaca, serta ketahanan terhadap jamur dan luntur.

2. Bahan Gagang Pintu dari Kuningan

Bahan kuningan umumnya digunakan oleh masyarakat menengah ke bawah karena harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan. Warna keemasannya juga membuatnya menarik bagi sebagian orang.

Kelebihan bahan kuningan sebagai gagang pintu meliputi ringannya, kemudahan dalam pemrosesan dan pemasangan, serta harga yang terjangkau. Selain itu, warna emas yang dimilikinya juga dapat memberikan kesan mewah pada pintu.

3. Bahan handle pintu alumunium

Perkembangan beragam pintu dan jendela dari bahan aluminium menuntut produsen untuk menyediakan gagang pintu aluminium agar bobotnya seimbang.

Gagang pintu aluminium umumnya hanya dibuat dan ditujukan untuk pintu dari bahan aluminium. Meskipun demikian, kelebihan dari gagang pintu aluminium ini sangat banyak

Antara lain memiliki warna asli yang elegan, bahan yang sangat ringan, mudah diaplikasikan, harga yang sangat terjangkau, tahan lama, dan tidak mudah berkarat.

Hal ini menjadikan gagang pintu aluminium sebagai pilihan yang populer dan praktis untuk digunakan pada pintu dan jendela aluminium.

4. Bahan Handle pintu Stainless

Bahan stainless steel saat ini sangat populer untuk handle atau gagang pintu, dan hampir semua bangunan dan ruangan modern mengadopsi penggunaan handle berbahan ini.

Penggunaan yang meluas ini didasari oleh sejumlah kelebihan yang ditawarkannya, termasuk ketahanan lama, daya tahan terhadap cuaca dan benturan, ketahanan terhadap karat dan bebas bakteri, desain yang menarik, serta warna yang elegan.

Ada beragam jenis handle yang tersedia, memungkinkan pemilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain ruangan. Begitulah beberapa informasi mengenai beberapa jenis handle pintu berserta bahan gagang pintu dengan kualitasnya.

Jadi, jenis handle pintu mana yang terbaik untuk rumahmu?

Scroll to Top