Pilih 8 Jenis Rumput ini dengan Kualitas & Harga yang Murah

Jenis Rumput Taman

Jenis Rumput Taman – Menambahkan Element rumput pada area taman rumah, tentunya membuat rumah terlihat lebih asri dan sejuk, hingga menjadi tempat bersantai yang menyenangkan bersama keluarga.

Namun, menambahkan element taman pada hunian, tentunya tak semudah yang kita bayangkan lho. Untuk menciptakan taman yang indah, rapih, segar, asri, kamu perlu memikirkan beberapa hal berikut, seperti landscape taman, material tambahan, hingga jenis rumput yang digunakan.

Hal tersebut, tentunya akan berdampak buruk jika saat pemilihan jenis rumput taman dirasa asal, sebab tak semua jenis rumput cocok dengan lingkungan sekitar, pastikan area lingkunganmu sesuai yah.

Pemilihan rumput tentunya menjadi ujung tombak dalam pembuatan taman, untuk lebih memudahkan kamu dalam proses pembangunan taman, kami telah merangkum beberapa jenis rumput yang direkomendasikan. Kira-kira apa saja? dan bagiaman tampilnnya? berikut informasinya :

Daftar Jenis Rumput Taman paling Rekomendasi

Berikut beberapa jenis rumput taman yang bisa kamu gunakan, pastikan sesuai dengan lingkungan hunianmu ya. RumputTaman Bahia

1. Rumput Bahia

Jenis Rumput Taman satu ini cocok bagi kamu yang bertempat tinggal di wilayah dengan suhu panas yang tinggi, selain memiliki tekstur daun yang kuat, dan tegak membuat jenis rumput ini bisa digunakan untuk aktivitas yang berat, seperti berlarian, olahraga, bola hingga taman pada rumah. Jenis rumput satu inipun sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak.

bahkan perawatan rumput bahia terbilang mudah, kamu hanya perlu memastikan semua bagian rumput terkena sinar matahari secara langsung dan cukup, lalu potong rumput agar tak terlalu panjang.

2. Rumput Taman Zoysia

Sama halnya dengan Rumput Bahia, jenis zoysia memiliki karakter yang cocok untuk wilayah dengan suhu cuaca yang panas lho, dan tidak terlalu cocok ditaman diwilayah dingin, sebab akan menjadi coklat dan tidak dapat tumbuh secara baik.

Meskipun memerlukan waktu lebih lama dalam proses pertumbuhannya, rumput zoysia menjadi salah satu rumput paling kuat lho, dan tak perlu dipotong terlalu sering seperti rumput pada umumnya, sebab memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi.

3. Rumput Babat

Jenis rumput yang bisa kamu gunakan yakni Rumput babat, dimana rumput satu ini kerap menjadi rumput andalan dalam kontruksi lapangan golf lho, memiliki helaian daun yang kecil dan pendek, dan tumbuh dengan cepat membuat kamu perlu memangkasnya antara 2 minggu sekali, dengan pencahayaan matahari secara full, maka rumptu babat akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca Juga : 7 Material Lantai untuk Taman yang Paling Direkomendasikan! ini Alasannya..

4. Rumput Swiss

Berasal dari negara swiss, rumput satu ini memiliki tekstur paling halus diantara jenis lainnya. Taman rumah akan terlihat lebih rapih, dengan menanam rumput satu ini.

Tak hanya memberikan tampilan yang rapih, perawatan yang mudah dengan pemangkasan rumput minimal sebulan sekalian dengan pemberian pupuk, hingga pencahayaan minimal 80persen matahari, akan membuat pertumbuhan rumput swiss semakin baik.

5. Rumput Ketucky Bluegrass

Bentuk yang runcing dan cocok ditanamn diwilayah beriklim dingin, membuat jenis rumput satu ini kerap menjadi rumput taman unggulan bagi para pemilik hunian yang memiliki kondisi cuaca yang tinggi, bahkan jika ditaman di cuaca panas, makan rumput ini tidak bisa bertahan hidup.

Tapi, untuk kamu yang berada diwilayah dengan suhu lingkungan yang panas, kamu perlu menyirami rumput satu ini dengan banyak air, agar kelembabannya terjaga. Cukup sulit jika di taman diarea tropis.

6. Rumput Manila

Memiliki kualitas yang tinggi, rumput manila ini dibarengi dengan tampilan yang estetik lho, sebab warna hijau pekat pada helaiannya membuat area taman rumah semakin cantik.

Baca Juga : Inspirasi Dekorasi Taman Depan Rumah! ini Cara yang Wajib kamu coba

Bahkan, rumput manila memiliki kekuatan dan tingkat elastipitas yang baik dan tentunya tahan terhadap pijakan kaki. Hanya saja, rumput satu ini memerlukan perawatan yang cukup ekstra, kamu perlu memangkasnya, memberi pupuk, menyiraminya untuk pertumbuhan rumput yang baik.

7. Rumput Liar Teki

Sebagai rumput yang liar, tentunya rumput satu ini kurang cocok untuk dijadikan rumput pijak taman, sebab rumput teki memiliki karakter dengan tinggi rumput mencapai 140 cm, namun kamu bisa memanfaatkanya sebagai penghias pinggir taman lho.

Daun yang kecil, dan bunga yang cantik tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi area taman hunian. Kombinasikan dengan area lantai decking kayu untuk tampilan taman yang lebih sehat, cantik dan naturalis.

8. Rumput Centipede

Jika 2 jenis rumput diatas memiliki masalah dalam iklim yang berbeda, namun dengan rumput centipede ini kamu bisa menanamnya diwilayah dengan 2 iklim sekaligus lho, tentunya dengan perawatan yang mudah.

Ya, rumput centipede merupakan tanaman rumput yang memiliki karakter yang kuat terhadap berbagai kondisi iklim, hanya saja rumput satu ini tidak bisa digunanakan untuk aktvitas berat, seperti olahraga, sebab mudah untuk rusak.

Penggunaan rumput centipede, direkomendasikan untuk area pinggir kolam ikan, taman dan sebagainya, yang tidak terlalu terkena lalu lintas aktivitas manusia.

Jadi, kira-kira jenis rumput mana yang cocok untuk taman rumah?

Scroll to Top