Pemasangan decking

Artikel ini akan membahas cara pemasangan lantai decking kayu ( lantai outdoor ) untuk Anda ketahui. Kami merupakan produsen jual lantai kayu murah Indonesia yang memiliki beragam produk kayu yang bisa Anda gunakan.

Decking Kayu outdoor itu sendiri merupakan type kayu yang digunakan untuk mendekorasi atau mempercantik tatanan lantai outdoor rumah. Seperti taman, ataupun area pinggir kolam renang (Pooldeck). Jenis kayu untuk lantai outdoor pun memiliki beragam macam jenis kayu, dimulai dari Kayu merbau, bengkirai, Ulin dan sebagainya.

Artikel ini mampu membantu Anda untuk mengenal dan melihat dari beberapa tahapan cara pemasangan Lantai decking rumah, untuk itu simak artikel ini hingga tuntas, dan ada produk decking terbaik yang bisa Anda jadikan alternatif material lantai outdoor rumah Anda. Berikut informasinya :

Beberapa Proses cara Pemasangan Decking Kayu

Proses Pertama : Persiapan Area yang akan ditutupi Decking

Proses awal pemasangan decking kayu ialah Mempersipakan area kosong atau area yang ingin anda tutupi dengan material decking dengan pondasi dan kerangka decking awal, Pastikan area yang ditutupi decking memiliki luas yang sesuai dengan luas yang sudah direncankan.

Hal tersebut dilakukan agar pada proses pemesanan decking dan material lainnya tidak kurang dan tidak juga lebih, Tentunya dengan material yang pas akan mengurangi dan mengehemat budget Anda.

Berikan jarak dari pondasi awal persekian meter, dengan beton-beton berdimensi kecil, lalu rangkai alur bentang kontruksi kayu secara tearah, untuk dilakukan proses tahap kedua pemasangan. Jangan lupa, persiapan area harus benar- benar matang, area yang mau di pasang deking harus mempunyai kemiringan minimal 15 derajat, agar aliran air bisa lancar.

Walaupun lantai kayu deking kayu tahan terhadap air, tapi apabila terendam air dalam jangka waktu yang lama akan tumbuh lumut, yang akan mengakibatkan permukaan decing jadi licin, dan juga tidak enak dipandang mata.

Tahap Kedua : Persiapkan Decking Kayu Outdoor sesuai Selera Anda

Prpses selanjutnya dalam proses pemasangan decking kayu, yaitu mempersiapkan material decking yang sesuai dengan selera Anda. Beragam jenis kayu decking yang bisa Anda gunakan, seperti Kayu ulin, kayu merbau dan kayu bengkirai. Jenis tersebut memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda.

Kita tahu sendiri, bahwa lantai outdoor memerlukan material yang kuat dan awet agar dapat digunakan hingga beberapa puluh tahun kedepan. Tapi tenang, kami rajawali parket indonesia akan mempersiapkan material terbaik untuk area outdoor dengan garansi yang disiapkan.

Jenis Lantai Kayu Outdoor dan Promo menarik lainnya

Seperti yang dibahas sebelumnya, decking dapat digunakan diseluruh area luar ruangan. Namun, untuk jenis kayu merbau kami sarankan untuk tidak digunakan di pinggiran kolam renang, karena kayu merbau dapat mengeluarkan getah ketika terus menerus terkena air.

Setelah Anda mempersiapkan material decking yang akan digunakan, Tahap selanjutnya yaitu mengukur area Outdoor dan material kayu agar pas dan Tepat. Berikut informasinya :

Tahap Ketiga : Mengukur area outdoor dengan material decking

Proses selanjutnya setelah memilih material decking yaitu, mengukur luas area outdoor secara tepat dari ujung keujung, hal yang harus diingat ilah, pengukuran tersebut harus dengan tepat agar tidak memesan material decking terlalu berlebih.

Decking kayu outdoor memiliki ukuran 1,9 cm x 9 cm x 100 cm. Ukuran tersebut harus dijumlahkan dengan luas area yang akan disiapkan. Luas x lebar kayu x panjang kayu. Setelah diukur, gali area outdoor dengan jarak beberapa cm agar dapat menempatkan bantalan decking.

Proses keempat : Pasang Balok kayu pada area yang sudah disiapkan

Proses penggalian area outdoor sebelumnya, dilakukan agar kubus kubus pondasi bisa ditanamkan, agar pondasi deck atau penompang awal kerangka kayu dapat siapkan.

Setelah lapisan kayu pertama selesai, Anda dapat melanjutkan dengan lapisan kedua yang dibuat membentang diatas lapisan kayu pertama. Penerapan pondasi tersebut dilakukan secara presesi agar kerangka kayu dapat mebentang kokoh hingga jangka waktu yang cukup lama.

Lalu, jika pemasangan kerangka 1 dan pondasi selesai, maka tampilan dari tahapan tersebut akan seperti gambar diatas. Dari gambar tersebut terlihat, Setiap kerangka tersusun secara simetris, sehingga kuat rangka akan lebih kuat dihasilkannya.

Proses Kelima : Melapisi area utama Decking dengan Kerikil

Proses pelapisan area decking dengan kerikil dilakukan agar pondasi kayu aman dari kelembapan, terutama saat cuaca hujan muncul. Selain kerikil.

Pada tahap ini Anda disarankan untuk menebarkan bubu herbisida untuk mencegah tumbuhnya rumput dan tanaman liar diarea pondasi decking kayu, jika hama tanam tersebut muncul, pondasi akan lebih sulit dan memakan banyak waktu karena harus membuangnya terlebih dahulu.

Proses keenam: Pasang Material decking di pondasi Deck

JIka luas area sudah dihitung, material decking sudah dipersiapkan, dan pondasi serta pemberian kerikil sudah dilakukan. Proses pemasangan decking selanjutnya yaitu memasangkan material decking tersebut diatas pondasi, pemasangan dilakukan dari ujung keujung agar rapih dan tentunya agar menutupi semua pondasi yang disiapkan.

Proses Ketujuh : Finisihing

Pada proses terakhir dalam pemasangan decking kayu, tentunya proses finishing. Finishing ini dilingkupi dengan beberapa tahapan seperti perataan material decking, cara ini dilakukan dengan mengencek kembali partikel decking yang sudah dipasang agar tertanam secara merata.

Jika, ada decking yang terlupas dan terangkat pastikan lagi untuk menguncinya dengan skrup dan paku, lalu setelah dirasa sudah rapih dan pas, tahap selanjutnya yaitu dengan mengcoating atau melapisi area decking dengan cairan khusus untuk memberikan warna kayu lebih kontras dan natural.

Proses tersebut dapat dilakukan dan tidak, sesuai keinginan Anda, namun kami sarankan untuk dilakukan, karena lapisan tersebut dapat memberikan efek pada tingkat keawetan dan kekuatannya.

Tapi, sebelumnya sudah tahu belum mengapa decking kayu sangat direkomendasikan sebagai penutup pijakan area luar? Berkut akan kami ulas beberapa kelebihan dan kekurangan dari pemsangan decking kayu untuk area outdoor.

Mengenal Plus dan Minus menggunakan Decking Kayu

Keunggulan Menggunakan Decking Kayu

Berikut beberapa keunggulan yang harus Anda ketahui, agar Anda semakin yakin menggunakan produk dan material kayu sebagai bahan utama lantai Outdoor.

Lantai Outdoor lebih Asri dan Menarik

Salah satu keunggulan ketika Anda menggunakan Lantai Decking ialah mengenai keindahan atau nilai estetik luar ruangan lebih indah lagi. Apalagi, seperti yang kita ketahui bahwa motif kayu yang terkenal dengan kesan natural membuat Hunian Anda semakin cantik jika terlihat dari luar ruangan.

Lebih Sehat dan Sejuk diarea Luar ruangan

Keunggulan ini sangatlah sudah pasti, apalagi kayu merupakan material yang tercipta oleh alam, hal ini membuat kayu lebih terasa sejuk apalagi ditambah dengan banyaknya tanaman diaera luar ruangan, mungkin Anda akan sangat betah tinggal dan berdiam diri diluar ruangan sambil meminum secangkir teh dan membaca buku.

Decking Kayu Terkenal Awet dan daya tahan tinggi

Tingkat keras dan awet sangat diperlukan dan diharuskan dalam material lantai outdoor, karena lantai outdoor akan terkena beberbagai cuaca ekstream. Apalagi beberapa jenis kayu outdoor seperti ulin dan merbau memiliki masa keawetannya yang sangat lama, hingga puluhan bahkan ratusan tahu.

Baca juga : Berikut beberapa produk decking untuk Kolam Renang Proyek

Perawatan Decking cukup Mudah

Satu keunggulan lagi ketika Anda menggunakan decking kayu ialah, perawatan yang cukup mudah untuk merawatnya, Anda hanya perlu membersihakn area lantai outdoor dari beberapa hal seperti kotoran, air yang mengendap atau dedaunan yang membekas di area outdoor. Hal ini agar lantai outdoor hunian Anda terlihat bersih dan rapih.

Dapat dijadikan Investasi jangka Panjang

Salah satu keunggulan yang dapat menguntungkan ialah, Anda dapat menjadikan hunian yang mengugnakan decking kayu sebagai invetasi jangka panjang, karena kita tahu sendiri harga decking terbilang mahal dan semakin tua usia kayu semakin kualitas membaik.

Maka dari itu, jika suatu saat Anda menjual hunian dengan material decking kayu atau material interior kayu lainnya, rumah Anda akan lebih bernilai tinggi. Untuk itu, yuk segera gunakan material interior kayu.

Bagaimana sudah siap menggunakan matarial decking kayu untuk area luar ruangan? Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, terimakasih telah mebaca artikel ini hingga selesai. Tentunya, hunian terbaik akan menjadi lebih berkualitas dengan material interior asli.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top