Ketahui 5 Perbedaan Plafon GRC dan Gypsum, Mana yang harus dipilih ?

Perbedaan Plafon GRC dan Gypsum

Perbedaan Plafon grc dan gypsum– Selain material Lantai, plafon kerap menjadi salah satu elemen yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah hunian, terlebih fungsi plafon yang berfungsi sebagai bagian kerangka atap rumah.

Penggunaan plafon tentunya tidak hanya sebagai material kerangka saja, melainkan pengguaan plafon dapat memberikan kesan yang lebih rapih dan indah. Tak hanya itu, bahkan keberadaan plafonpun berperan penting sebagai pengatur suhu udara yang masuk melalui atap rumah.

Seperti yang kita tahu, GRC dan gypsum kerap menjadi material yang paling umum untuk digunakan sebagai plafon bukan? bahkannya lagi, grc dan gypsum kerap dianggap sama, padahal kedua tersebut merupakan produk yang berbeda.

Tentunya, hal ini menjadikan banyak pertanyaan, memang apa perbedaan plafon grc dan gypsum sehingga bisa dikatakan berbeda? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan tersebut, agar kamu bisa memilih mana yang terbaik untuk digunakan. Untuk itu, simak ulasannya berikut :

Pengertian GRC dan Gpsum

Akan lebih bagus jika kamu mengenal terlebih dahulu pengertian dari kedua produk tersebut, sebelum mengenal apa perbedaan dan mana yang terbaik untuk kamu gunakan, seperti :

Apa itu Plafon GRC?

Siapa sih yang engga tau dengan Material plafon satu ini? yaps, GRC atau Glassfibre Reindorced Cemen ini merupakan material plafon yang pembuatannya terdiri dari beberapa campuran bahan yang unggul, seperti campuran pasir halus, Serat karbon, Semen hingga penggunaan polimer agar tahan terhadap suhu ruangan.

Mungkin, jika kamu mengenal plafon Eternit, maka plafon GRC memiliki karateristik yang hampir sama, hal ini dikarenakan pemasangan GRC membutuhkan kerangka besi atau besi hollow dengan ukuran 4x4cm untuk memperkuat ketahanan di langit-langit hunian.

Material GRC terkenal dengan jenis plafon yang bandel, karena dapat bertahan diberbagai suhu, seperti lembab, panas dan getaran saat gempa. Hal inilah yang membuat GRC kerap menjadi plafon alternatif yang menjadi unggulan.

Spesifikasi Plafon GRC

  • Terkenal dengan plafon yang Ramah dibentuk
  • bebas dari kandungan kimia
  • Kuat dan kokoh
  • Proses pemasangan yang cepat
  • Tahan terhadap berbagai cuaca.

Baca Selengkapnya : Kenali Kekurangan Plafon GRC dan Kenali Fungsi lain selain Plafon Hunian ( Disini )

Apa itu Plafon Gypsum?

Gypsum merupakan material yang saat ini masih banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan langit langit bangunan, pilihan yang beragam serta banyaknya desain dan bentuk menjadikan material satu ini masih kerap diminati.

Tak hanya itu, melainkan kualitas dari plafon ini kerap digadang gadang setara dengan plafon GRC sebelumnya, yang tahan terhadap lembab, panas hingga getaran saat gempa. Hal inilah yang menjadikan kedua plafon ini selalu dibandingkan dan menjadi point yang membingunkan untuk dipilih.

Bahkannya lagi, plafon dari Gypsum ini memiliki bentuk dan proporsi yang sangat baik, karena sambungan antar komponennya tidak terlihat, sehingga pemasangan plafon gypsum terkenal seperti plafon sempurna.

Spesifikasi Plafon Gypsum

  • Pemasangan yang mudah
  • Pengerjaan yang Lebih rapih dan Tidak membutuhkan Sambungan
  • Bentuk plafon yang dapat dicustom dengan berbagai warna
  • Mudah ditemukan di pasaran

Tentunya dengan kualifikasi dari kedua produk tersebut, membuat kamu semakin bingung untuk memilih mana yang terbaik bukan? hal inilah yang membuat kami ingin membahas perihal ini mengenai perbedaan plafon GRC dan Gypsum agar kamu dapat menemukan yang pas.

Untuk itu, yuk kita simak beberapa uraian mengenai beberapa aspek yang perlu kamu ketahui, agar dapat memilih mana plafon yang terbaik untuk hunian, dari pada lama-lama, simak uraiannya berikut :

Mana yang harus dipilih? GRC atau Gypsum

Untuk mencari mana yang terbaik, tentunya kamu perlu mengenai beberapa perbandingan aspek dari kedua produk tersebut, kira-kira mana ya? yuk simak uraiannya berikut :

1. Tingkat Kuat

Jika ditanya soal ketahan maka kamu perlu memilih plafon GRC ketimbang Gypsum, Sudah tau alasannya?

Pasalnya, Grc board terbuat dari material yang mumpuni, kita tahu sendiri bahwa semen fiber glass terbukti tahan terhadap air mupun kelembappan, lain halnya dengan gypsum yang mana ketahananya lebih rendah dari GRC board.

Hal inilah yang membuat material GRC sering dimanfaatkan selain plafon, bahkan GRC dapat digunakan untuk kebutuhan kontruksi berat seperti lisplang, kubah, dinding dan masih banyak lainnya. Bagaimana, tertarik dengan plafon GRC?

2. Tingkat Perawatan

Sama Halnya dengan material bangunan lainnya, yang membutuhkan perawatan untuk menjaga daya ketahan setiap materialnya. Begitpun dengan GRC board dan Gypsum yang dimana membutuhkan perwatan tersendiri.

Tapi, jika ditanya mana yang mudah dalam perawatannya? GRC dinilai lebih praktis ketimbang plafon Gypsum, hal ini tentunya bukan tanpa alasan, melankan GRC board memiliki kekuatan yang tinggi, sehingga tidak membutuhkan perawatan yang rutin seperti palafon Gypsum.

3. Posisi dan Penempatan

Jika ditanya mana yang lebih mudah dalam pemilihan tempat, maka material gypsumlah pilihannya, hal ini dikarenakan sifat dari gypsum yang tidak terpengaruh oleh temperatur ruangan, sehingga material ini lebih kuat dan tahan terhadap berbagai suhu ruangan yang ada.

Namun, ada kelebihan pasti ada kekurangan, seperti yang disinggung diatas, bahwa material gypsum memiliki kelamahan terhadap ]wserangan rayap, namun jika kamu tidak yakin, GRC boardpun bisa menjadi pilihan kedua.

4. Tingkat Kesulitas Pemasangan

Kita beralhir keperbedangan plafon grc dan gypsum selanjutnya, tentunya pemasangan menjadi faktor penting untuk pemilihan sebuah produk bukan?

sama halnya dengan kedua produk ini yang pemasangannya cukup berbeda, jika dinilai dari tingakt kesulitan instalasi maka plafon grc board memang membutuhkan waktu yang lebih lama.

Sedangkan proses pemasangan plafon gypsum lebih singkat dan cepat, hal ini bukan tanpa alasan melainkan bobot plafon gypsum yang lebih ringan dibandingkan dengan GRC board, maka jika ditanya mana yang mudah dalam pemasangan? plafon gypsumlah pemenangnya.

5. Biaya atau Harga Produk

Tidak hanya aspek pemasangan dan kualitasnya saja, melainkan perbedaan plafon grc dan gypsum dapat dilihat dari segi harganya. Dikarenakan kualitas yang lebih baik, maka tidak heran lagi jika Harga GRC board ini terpangpang lebih mahal dibanding harga plafon gypsum.

Tentunya harga yang tinggi, pasti ada kualitas yang unggul juga bukan? tentunya hal itu terdapat pada GRC board yang memiliki kualitas super walau harga terbilang tinggi. Apabila, budget yang kamu siapkan terbatas, maka penggunaan plafon gypsum menjadi pilihan yang cocok.

Jadi, sudahkah kamu memilih plafon mana yang akan digunakan? GRC atau Gypsum?

Scroll to Top