jenis triplek

Triplek merupakan material yang sering digunakan untuk kebutuhan interior hunian, tentunya material satu ini tidak asing lagi ditelinga kita. Siapa yang mengira bahwa material triplek ternyata memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan.

Walaupun triplek itu sendiri merupakan material yang terbuat dari beberapa heklai kayu yang direkatkan secara bersama-sama sehingga memiliki bentuk yang lebih tebal. Tapi penggunaan triplek menjadi andalan kebutuhan material Hunian.

Triplek Sering digunakan diberbagai keperluan rumah tangga, seperti furniture, kerajinan tangan, flooring hingga aplikasi hunian lainya. Pastinya triplek memiliki beberapa jenis dan kekurangan serta kelebihan yang harus Anda ketahui juga.

Untuk itu, kami disini akan berikan beberapa informasi mengenai penjelasan tersebut, untuk itu yuk simak berikut ini :

Jenis – Jenis Triplek dan harganya

Triplek Low Density Fiberboard

Triplek Low Density Fiberboard atau disingkat LDF merupakan jenis triplek yang dimanufakur dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu serta bahan sisa gergajian. Tidak hanya itu, LDF pun ditambah dengan resin sintetik yang dipress bersamaan menjadi hasil akhir dan membnetuk lempengan kayu yang lebar.

Partikel board itu sendiri ialah jenis triplek yang memiliki harga yang lebih terjangkau dengan kualitas kayunya yang padat dan tidak terlalu kuat, bahkan untuk sekelas triplek, jenis partikel board termasuk yang paling ringan serta lunak dan tentunya mudah dibentuk.

Tentunya seperti yang disebutkan bahwa material triplek satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau, berikut harga yang dilansir dari beberapa sumber untuk Triplek LDF

Harga Triplek LFD ( Triplek Low Density Fiberboard )

Ukuran Triplek LFDBIaya Triplek /pcs
Triplek LDF 9 cmRp 75.000,-
Triplek LDF 12 cmRp 90.000,-
Triplek LDF 15 cmRp 105.000.-
Triplek LDF 18 cmRp 125.000,-

Tentunya jenis triplek tidak hanya LDF saja, seperti berikut jenis triplek MDF yang perlu Anda ketahui, untuk itu yuk simak penjelasannya berikut :

Triplek Medium Density Fiberboard (MDF)

Medium Density FIberboard atau MDF yaitu salah satu material triplek yang pembuatannya dengan cara menggabungkan antara serat kayu lunak dan keras, lalu ditempelkan dengan lem dengan temperatur tinggi.

Hal ini menjadikan material MDF memiliki kualitas triplek yang kuat dan ketahanan yang lebih baik dibanding jenis triplek sebelumnya atau LDF, dan triplek ini sering digunakan untuk pembuatan kerajinan tangan serta pembuatan kabinet.

Tapi, tidak hanya kualitasnya saja, MDF memiliki kelemahan yang perlu Anda ketahui, yaitu MDF tidak tahan air namun bisa direvarasi dengan cara warna. Tentunya kualitas tinggi pasti ditemani dengan harga yang cukup menguras dompet, namun hal tersebut tergantung ketebalan dari tripleknya itu sendiri. Berikut beberapa daftar harga dari beberapa sumber.

Ukuran Triplek MDFBIaya Triplek /pcs
Triplek MDF 9 cmRp 100.000,-
Triplek MDF 15 cmRp 155.000.-
Triplek MDF 18 cmRp 185.000,-

Triplek Jenis Teakblock

Teakblock atau jenis triplek yang berbeda dari LDF dan MDF, hal tersebut dikarenakan triplek Teakblock terbuat dari bahan kayu jati, namun bukan kayu jati solid. Jadi bagaimana? Taekblock masih menggunakan prinsip pembuatan seperti triplek lainnya yaitu rekatan lembar kayu, namun teakblock terbuat dari lembaran jati yang sisa lalu dipress menjadi satu, dan terbentuk menjadi lembran seperti triplek pada umumnya.

Material teakblock biasanya digunakan sebagai bahan flooring desain lantai, dan pelapis kayu. Namun hal tersebut tidak terlalu kuat karena pembuatannya yang terbuat dari sisa kayu jati yang sudah tidak terpakai, namun jika Anda menginginkan material yang terbuat dari material kayu jati solid, Anda dapat menggunakan material kayu jati yang sudah kami siapkan.

Baca juga : Material kayu Jati solid yang bisa Anda gunakan untuk hunian Terbaik

Harga Triplek Teakblock

Ukuran Triplek Teakblock BIaya Triplek /pcs
Triplek Taekwood 3×7Rp 62.000,-
Triplek Taekwood 4×8Rp 75.000,-
Triplek Silver 4×8Rp 92.000,-

Triplek Blockboard

Blockboard merupakan material triplek yang terbuat dari tiga lapisan kayu yang terbuat dari beberapa serat yang dipress menjadi satu dan membentuk lempengan kayu. Bahan blockboard itu sendiri biasanya memiliki bentuk kayu yang lunak, tapi memiliki daya tahan yang fleksibel dan tidak mudah patah.

Penggunaan blockboard pada umumnya sering digunakan untuk rak, meja, bangku dan panel kayu. Karena sifatnya yang ringan, triplek jenis ini dapat digunakan sebagai bahan bangunan, baik interior maupun eksterior.

Harga Triplek Bloackboard

Ukuran Triplek Teakblock BIaya Triplek /pcs
Triplek Taekwood 15 mmRp 140.000,-
Triplek Taekwood 18 mmRp 160.000,-
Triplek Silver 25 mmRp 190.000,-

Tentunya material Triplek memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda temukan, berikut beberapa uraian mengenai kelebihan dan kelemahan triplek untuk Material furniture dan interior. Berikut informasinya :

Kelebihan Kayu Triplek

  • Memiliki harga yang terjangkau
  • Kayu Triplek mudah digunakan untuk kebutuhan prakarya da kerajinan Tangan
  • Mudah dibentuk dan cepat diaplikasikan
  • Triplek memiliki permukaan material yang datar
  • Lantai triplek dapat dilapisi dengan melamin
  • Triplek terdiri dari berbagai jenis dengan kekuatan yang berbeda

Namun, jika Anda menginginkan material yang lebih untuk kebutuhan interior hunian, Anda bisa menggunakan material kayu solid. Seperti berikut beberapa material kayu solid yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan hunian. Berikut informasinya :

Baca juga : Jenis Kayu Terbaik untuk Atap dan Dinding pengganti Triplek

Alternatif Triplek yang lebih Berkualitas tinggi

Jika Anda menginginkan material untuk kebutuhan interior terlebih penutup atap dan dinding seperti triplek, Anda dapat menggunakan produk lambersering. Berikut beberapa informasi singkat mengenai lambesering material atap dan dinding yang lebih berkualitas dibanding Triplek. Berikut informasinya :

Lambersering Kayu material penutup lantai yang Lebih Berkualitas

Lambersering merupakan material kayu yang digunakan untuk kebutuhan atap dan dinding hunian, dengan menggunakan lambersering hunian akan semakin berkualitas dan memiliki ketahanan yang lebih, jika dibandingkan triplek. material lambersering lebih kuat dan berwarna yang lebih estetik.

Seperti yang kita tahu, triplek tidak memiliki corak hanya dapat di variasikan dengan pelapis cat sesuai selera, tapi sedangkan material lambersering memiliki beberapa serat dan warna yang beragam, tergantung jenis kayu mana yang Akan anda gunakan. Tentunya, lambersering kayu tidak asal menggunakan jenis kayu.

Jenis kayu yang bisa Anda hanyalah beberapa, hal tersebut dikarenakan material lambersering perlu kayu yang berkualifikasi yang unggul, agar hunian semakin awet dan Anda tidak perlu mengganti material tersebut. Jenis kayu yang bisa Anda gunakan diantaranya :

Jenis Kayu Pengganti triplek untuk dinding dan Atap

  • Kayu Ulin
  • Kayu bengkirai
  • Kayu Keruing
  • Kayu Merbau

Jenis kayu tersebut dinilai memiliki kualitas yang tinggi, untuk itu jika Anda menginginkan Material yang lebih dari triplek, Anda dapat menggunakan jenis kayu tersebut.

Jadi, jenis Triplek mana yang Akan Anda gunakan? atau Anda ingin beralih kematerial kayu Solid? Demikian informasi yang bisa disampaikan, tentunya gunakan material yang lebih unggul dan mumpuni agar, Hunian semakin berkualitas dan Tahan Lama.

Scroll to Top