Jenis Kayu untuk Pagar Rumah, kenali Kualitas & Produk Terbaiknya

Jenis Kayu Untuk Pagar Rumah

Jenis kayu untuk pagar rumah – Jenis pagar berbahan dasar kayu tetunya memiliki kesan yang indah dan arsistik, apalagi penggunaan Pagar memiliki peran tersendiri untuk sebuah tampilan hunian.

Bahkan, material kayu terbilang material yang kuat. Namun, tak semua jenis kayu memiliki spesifikasi tersebut, sebab semua yang digunakan pagar nantinya akan termakan usia, karena material pagar akan sering terkena debu, sinar matahari, hingga hujan.

Tapi, kamu tak perlu khawatir, sebab ada lho jenis-jenis kayu yang memang kuat dan tahan lapuk. Kayu tersendiri terbagi menjadi beberapa jenis kelas, dari Kelas I,II,III tentunya kelas tersebut memiliki fungsionalnya tersendiri.

Walaupun demikian, kamupun perlu melakukan perawatan ekstra sebab, tak semua jenis kayu kelas I,II.III kuat akan rayap dan Jamur, berikut beberapa jenis kayu untuk pagar rumah yang bisa kamu jadikan alternatif material Pagar, antara lain :

Jenis Kayu untuk Pagar Rumah, Cocok untuk di Pilih

Berikut beberapa jenis kayu untuk pagar rumah yang bisa kamu pilih untuk menciptakan tampilan hunian yang lebih indah, artistik, dan kuat untuk dijadikan Alternatif material pagar rumah.

1. Kayu ulin cocok untuk Pagar Rumah

Jenis kayu pertama yang cocok digunakan untuk material pagar rumah, yakni Kayu ulin atau bisa dikenal dengan Kayu Besi. Tentunya dari namanya saja sudah ketahuan, jika kayu satu ini sangatlah kuat.

Apalagi, beberapa inforasmasi menyetujui jika kayu ulin ketika terkena air akan semakin kuat dan bagus. Tak hanya memiliki tingkat kelas I, dan kuat I saja. Tampilan kayu ulin yang cenderung coklat tua, dan kehitaman tentunya bisa diandalkan perihal estetika huniannya.

Maka Kayu Asal kalimantan ini, bisa menjadi salah satu alternatif pilihan pertama yang bisa kamu gunakan sebagai jenis kayu untuk pagar rumah yang kuat, estetik, dan tahan lama

2. Kayu Jati

Jenis Kayu selanjutnya yang bisa digunakan untuk material pagar yakni kayu jati, material kayu yang terkenal dengan taan lama dan paling kuat. Bahkan kayu jati sudah diakui sebagai jenis kayu terbaik oleh kebanyakan pemilik hunian

Bahkan tak hanya dari segi kekuatannya saja, melainkan kayu jati memiliki keunggulan utamanya dari segi tampilan, hal tersebut dikarenakan kayu jati memiliki serat tekstur dan warna coklat yang sangat indah.

Tak hanya dapat digunakan sebagai material pagar hunian saja, melainkan sejak dulu kayu jati kerap dimanfaatkan sebagai perabotan rumah, apalagi oleh generasi sebelumnya. Namun, kamu perlu merogoh kocek biaya, karena kayu jati memiliki harga yang cukup tinggi.

3. Kayu Merbau

Jenis kayu untuk pagar selanjutnya yakni kayu merbau, yang meruppakan salah satu alternatif terbaik untuk pengganti Kayu jati yang cukup lama tumbuh. Kenapa bisa dijadikan alternatif? Hal tersebut dikarenakan tingkat kuat dan fungsinya yang memiliki kesamaan.

Kesamaan tersebut dikarenakan kayu jati dan kayu merbau terdapat pada kelas kuat I-II dan kelas awet I-II, walaupun tingkatan tersebut sama, namun kayu merbau memiliki warna yang lebih khas dengan warna merah dan serat lurus berwarna emas kecoklatan

Baca Juga : Beragam Maerial Pagar Terbaik untuk Hunian! Mana yang terbaik?

namun, kamu bisa menggunakan kayu merbau sebagai jenis kayu pagar dengan harga yang relatif lebih murah, dikarenakan kayu merbau dibawah lebih murah ketimbang kayu jati, sehingga kamu bisa meminimalisir budget untuk pagar hunian.

4. Kayu Bengkirai

jenis kayu berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk material kayu untuk pagar yakni, kayu Bengkirai. Jenis kayu dengan warna yang cerah tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk kamu gunakan.

Tak hanya warna dan seratnya saja tingkat kuatnyapun bisa dijadikan point utama. Kayu bengkirai yang termasuk kelas awet i-II dan kelas kuat II tetunya bisa menjadi alternatif pilihan terbaik, apalagi harganya yang relatif lebih murah bisa menjadi keuntungan untuk pagar yang lebih menarik.

5. Kayu Sonokeling

Jenis kayu untuk pagar selanjutnya yakni, kayu sonokeling yang berasal dari Jawa. Sonokeling dikenal sebagai salah satu jenis kayu tahan air yang memiliki kualitas yang sangat tinggi. Selan itu, kayu satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga sangat mudah diolah menjadi Furniture tanpa amplas.

Pola kayu dari kayu sonokelingpun sangatlah indah, dengan balutan warna hitam keunguan berbelang coklat kemerahan, apalagi kayu sonokeling tahan terhadap rayap dan jamur sehingga sangat cocok untuk dijadikan kebutuhan kayu pagar.

Baca Juga : Ketahui Harga dan Produk Terbaik Kayu untuk Pagar

6. Kayu Damar Laut

Jenis kayu untuk pagar yang terakhir yakni Kayu Damar Laut, atau jenis tamanan yang tahan terhadap segala jenis air, bahkan air laut. Tak hanya kekuatannya terhadap air saja.

Melainkan kayu damar memiliki tampilan yang hampir sama dengan kayu bengkirai, akan tetap kayu damar laut dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Kayu satu ini memiliki karakteristik berupa serat yang lurus.

Selain itu memiliki warna kuning kecoklatan. Tapi, kayu damar menjadi salah satu jenis kayu keras yang pengolahannya cukup sulit, sehingga perlu cara khusus untuk mengolahnya.

Jadi, sudah tahu jenis kayu untuk pagar terbaik yang bisa kamu pilih?

Scroll to Top